Cara Interview Calon Karyawan yang Efektif

Cara Interview Calon Karyawan yang Efektif dengan 5 Pertanyaan!

Salah satu proses rekrutmen adalah interview calon karyawan yang ternyata memiliki beberapa cara agar terlaksana dengan efektif. HR tentunya ingin proses interview menjadi lapak untuk bisa mengenal calon karyawan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari cara-cara efektif yang bisa dilakukan. Proses interview bukanlah hal yang mudah dilakukan bagi HR maupun karyawan sendiri.

Ada pertanyaan-pertanyaan yang bisa menjadi kunci dalam interview agar menjadi lebih efektif. Kunci dari interview sendiri adalah komunikasi dua arah antara HR dan calon kandidat. Maka dari itu, dengan melemparkan pertanyaan yang efektif, interview bisa menjadi berkualitas dan HR mampu menilai calon kandidat dengan lebih baik.

Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai cara interview calon karyawan yang efektif dan pertanyaan yang bisa diajukan oleh Anda sebagai HR. Baca artikel ini sampai habis ya!

Pertanyaan 1: Kenapa ingin bekerja di sini?

Dengan menanyakan alasan bekerja, HR dapat mengetahui motivasi seorang karyawan melamar pekerjaan tersebut. Pertanyaan ini juga akan melihat perspektif karyawan terhadap perusahaan yang ia lamar. Seberapa jauh pengetahuannya mengenai posisi dan perusahaan yang dilamar.

Pertanyaan 2: Apa pencapaian terbesarmu?

Mempertanyakan soal pencapaian akan membuat kandidat bercerita mengenai pengalamannya. Dari situ, HR dapat menilai kemampuannya bercerita dan menjelaskan apa yang sudah dikerjakan atau dicapai. Selain itu, sebagai tolak ukur juga bagaimana tingkat percaya diri kandidat. HR dapat menilai dari pertanyaan tersebut dan 

Pertanyaan 3: Bagaimana caramu menghadapi sebuah kesalahan?

Dalam pekerjaan, tidak mungkin selamanya akan sempurna. Kesalahan bisa saja dilakukan oleh karyawan. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui pandangan mengenai cara calon kandidat menghadapi kesalahan yang dilakukannya. Dari situ, akan terlihat bagaimana calon karyawan menghadapi masalah.

Kemampuan problem solving penting sekali dimiliki oleh karyawan. Dunia pekerjaan tidak lepas dari kesalahan dan masalah sehingga kemampuan tersebut penting untuk diandalkan. Pertanyaan interview di atas dapat melihat bagaimana kemampuan calon kandidat dalam menghadapi masalahnya.

Pertanyaan 4: Apa ekspektasimu kepada perusahaan?

Tidak hanya menanyakan perihal diri kandidat, tetapi HR perlu juga menanyakan mengenai pandangan kandidat terhadap perusahaan. Dengan begitu, akan terdeteksi kecocokan antara calon kandidat dan perusahaan. Apakah nilai-nilai perusahaan ini sesuai juga dengan ekspektasi dari calon karyawan?

Pertanyaan 5: Apa mimpimu 5 tahun ke depan dalam hal karier?

Mempertanyakan tentang masa depan akan menunjukkan bagaimana seseorang memandang hidupnya di masa yang akan datang. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa mimpi seorang calon kandidat dalam hal kariernya. Ketika mengetahui mimpi calon kandidat 5 tahun ke depan, hal tersebut akan lebih menunjukkan secocok apa kandidat tersebut dengan perusahaan.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Perbedaan Officer dan Staff!

Kesalahan Interview Calon Karyawan yang Harus Dihindari 

Proses interview tentu tidak selamanya berjalan mulus, ada saja kesalahan yang dapat dilakukan oleh HR sendiri. Kesalahan tersebut berdampak pada ketidakefektifan hasil interview yang dihasilkan. Berikut ini adalah kesalahan dalam interview calon karyawan yang harus dihindari:

  1. Memiliki bias terhadap calon kandidat. 

HR perlu menilai karyawan dengan seobjektif mungkin dan hindari memiliki prasangka kepada kandidat. Nilailah kandidat dari caranya melalui proses interview.

  1. Bertanya sekadarnya atau tidak spesifik.

Semakin spesifik pertanyaan, HR akan semakin bisa mengenal calon kandidat. Maka dari itu, perlu bertanya dengan serinci mungkin.

  1. Tidak membiarkan kandidat bertanya balik.

Sebagai calon kandidat, tentu memiliki pertanyaan kepada perusahaan juga. Jangan sampai proses interview ini hanya satu pihak saja yang banyak bertanya. Dengan membiarkan kandidat bertanya, akan memperlihatkan citra perusahaan yang baik melalui keterbukaan.

  1. Memotong pembicaraan.

Hindari memotong penjelasan yang sedang diutarakan oleh calon kandidat. Sebagai HR, perlu memastikan bahwa kandidat merasa nyaman dalam proses interview. Ketika pembicaraan calon kandidat dipotong oleh HR, tentu hal tersebut akan berdampak kepada impresi calon kandidat terhadap perusahaan.

  1. Tidak mendengarkan dengan baik.

Ketika mewawancara seseorang, hendaknya mempersiapkan telinga dengan baik. Tidak hanya melemparkan pertanyaan, tetapi juga mendengarkan jawaban calon kandidat dengan baik. Mencermati setiap jawabannya dan selalu tunjukkan bahwa Anda mendengarkannya dengan baik.

Itulah beberapa tips dan pertanyaan yang bisa digunakan sebagai cara interview calon karyawan yang efektif. HR tentu akan banyak melalui proses rekrutmen. Ada baiknya jika HR dapat dibantu oleh Aikrut.id, sebuah platform yang bisa membantu proses rekrutmen menjadi lebih akurat dan efektif. Selain itu, ada juga fitur asesmen yang dapat langsung dilakukan di satu tempat yang sama.

Tertarik dengan Aikrut.id? Segera hubungi kontak yang tertera di website!

Silakan baca juga blog Aikrut untuk mengetahui lebih banyak insight mengenai dunia pekerjaan lainnya.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra