Ini Contoh Surat Pemanggilan Karyawan

Contoh Surat Pemanggilan Karyawan yang Mangkir Kerja

Setiap karyawan pasti memiliki evaluasi tersendiri dan jika dirasa ada hal yang salah, maka hal yang wajar bagi mereka untuk dipanggil oleh atasannya melalui surat pemanggilan karyawan. Namun, memberikan contoh surat pemanggilan karyawan tidak segampang itu. Perlu ada beberapa pertimbangan dan persyaratan yang memenuhi untuk bisa seorang karyawan dipanggil melalui surat teguran. 

Penasaran ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara membuat surat pemanggilan karyawan? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Contoh Surat Pemanggilan Karyawan

Jika Anda bingung dengan format surat pemanggilan karyawan, berikut ini kami sajikan dua contoh surat yang bisa ada modifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Surat Pemanggilan Karyawan
Sumber: Author, Contoh Surat Pemanggilan Karyawan 1
Contoh Surat Pemanggilan Karyawan
Sumber: Author, Contoh Surat Pemanggilan Karyawan 2

Itulah kedua contoh surat pemanggilan kerja karyawan yang bisa perusahaan Anda gunakan.

Penyebab Karyawan Melanggar Peraturan Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki peraturan yang perlu karyawan patuhi, mulai dari soal kehadiran hingga bagaimana cara harus bekerja. Ada banyak bentuk pelanggaran yang berpotensi dilakukan oleh karyawan. Di balik setiap pelanggaran, biasanya terdapat penyebab atau alasan mengapa karyawan melakukan hal tersebut.

Pada dasarnya, sifat peraturan adalah wajib ditaati. Namun, memang tidak dapat menjamin kesesuaian antara aturan dan penerapan. Berikut ini adalah peyebab karyawan melanggar peraturan perusahaan:

  1. Pelanggaran disiplin kerja

Ada kemungkinan karyawan tidak masuk kerja tanpa izin atau bahkan terlambat bekerja. Hal itu biasanya menjadi salah satu penyebab karyawan melanggar aturan yang ada karena perusahaan mengatur sedemikian rupa mengenai aturan kehadiran. Kehadiran karyawan dapat menjadi salah satu faktor penilaian kinerja karyawan.

  1. Kinerja yang buruk

Setiap perusahaan memiliki ekspektasi sendiri mengenai pekerjaan karyawan. Hal tersebut dapat menjadi tolak ukur apakah kinerja karyawan sudah sesuai dengan perusahaan atau belum. Jika belum, bisa jadi hal tersebut karena adanya kinerja yang buruk. Bentuk-bentuk kinerja yang buruk pun bermacam-macam. Contohnya, pekerjaan yang berantakan dan tidak terstruktur.

  1. Masalah pribadi

Sebagai karyawan, pasti memiliki kehidupan pribadi juga. Kehidupan pribadi karyawan pun dapat berdampak kepada kinerja karyawan. Jika masalah pribadi yang dihadapi cukup berat, ada kemungkinan karyawan melanggar peraturan perusahaan.

Sanksi yang diberikan

Setiap pelanggaran perlu ada konsekuensinya, begitu juga untuk karyawan. Menurut beberapa sumber, berikut ini adalah tiga sanksi yang bisa diberikan kepada karyawan yang melanggar peraturan karyawan:

  1. Surat Pemanggilan Karyawan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai surat pemanggilan karyawan, surat tersebut memang menjadi salah satu jenis sanksi yang diberikan kepada karyawan yang melanggar aturan perusahaan. Melalui surat tersebut, karyawan perlu menghadap pihak perusahaan untuk bisa memperjelas pelanggarannya.

  1. Potongan Gaji

Dalam bekerja, tentu gaji menjadi hal yang sangat penting bagi karyawan. Salah satu bentuk sanksi yang bisa karyawan dapat ketika melanggar aturan adalah potong gaji. Dengan dipotongnya gaji tersebut, diharapkan akan menjadi efek jera bagi karyawan.

  1. Penundaan Promosi

Jenjang karier untuk karyawan pun tidak kalah pentingnya. Mendapatkan promosi baik berupa jabatan maupun gaji dapat meningkatkan jenjang karier karyawan. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi salah satu sanksi yang bisa perusahaan beri kepada karyawan yang melanggar aturan.

Kesimpulan

Surat pemanggilan karyawan menjadi salah satu bentuk hukuman bagi karyawan yang melanggar peraturan karyawan. Penyebab dari pelanggaran aturan yang pun beragam. Melalui surat pemanggilan karyawan, mediasi bisa perusahaan atur sehingga ada kejelasan bagi kedua pihak.

Surat pemanggilan karyawan biasanya menjadi tanggung jawab HRD atau tim Human Resources. Selain mengurusi surat pemanggilan karyawan, HRD juga mengurusi proses rekrutmen.

Proses rekrutmen kini tidak perlu rumit lagi. Aikrut.id hadir menjadi solusi bagi para HRD agar proses rekrutmen dapat menjadi lebih mudah dan juga akurat. Penting sekali untuk bisa mendapatkan karyawan yang tepat bagi perusahaan.

SIlakan baca blog Aikrut yang lainnya juga untuk mendapat insights mengenai dunia pekerjaan.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra