berapa lama tes psikotes

Berapa Lama Tes Psikotes Ketika Seleksi Masuk Kerja?

Tes psikotes sudah menjadi hal yang lazim bagi kandidat yang ingin memasuki sebuah perusahaan. Bentuk dari psikotes pun beragam dan ada beberapa jenis tes yang bisa calon karyawan ikuti. Ingin tahu lebih banyak tentang tes psikotes terutama soal berapa lama tes psikotes berlangsung? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Persiapan Psikotes

Sebelum melaksanakan tes psikotes, biasanya memerlukan persiapan karena ada beberapa materi yang perlu Anda pelajari. Salah satu materi dari psikotes adalah tes psikotes gambar. Dari tes tersebut, sisi psikologis seseorang akan dianalisis. 

Sebelum mengikuti tes psikotes, tidak ada persyaratan khusus bagi Anda. Yang perlu Anda siapkan adalah kesiapan fisik dan mental. Mengapa begitu? Karena tes psikotes memiliki beberapa bagian dan waktunya cukup panjang, daya tahan dan konsentrasi sangat dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Pastikan untuk beristirahat dengan cukup sebelum mengikuti psikotes, agar Anda dapat mengerjakan setiap bagian tes dengan fokus.

Tes psikotes ini biasanya diselenggarakan oleh divisi sumber daya manusia atau human resources. Kepribadian karyawan tentunya penting untuk diuji agar dapat lebih memaksimalkan kinerja dan lingkungan kerja yang cocok untuk karyawan itu sendiri.

Baca Juga: Talent Admin: Tugas dan Keahlian yang Dimilikinya

Berapa Lama Tes Psikotes?

Pelaksanaan tes psikotes biasanya hadir secara offline atau dengan tatap muka. Namun, perkembangan teknologi membuat psikotes dapat berlangsung secara online sehingga aksesnya menjadi lebih mudah. Durasi psikotes online biasanya berlangsung selama dua hingga empat jam dengan setiap sesi sekitar 30-45 menit. 

Mungkin Anda memiliki pertanyaan, apakah tes psikotes perlu terisi semua jawabannya? Ya, sebaiknya Anda menjawab seluruh pertanyaan. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam tes psikotes karena isinya digunakan untuk menilai kemampuan kognitif dan kepribadian. Manajemen waktu yang baik sangat penting agar semua soal dapat Anda jawab dengan baik. 

Kesuksesan dalam mengerjakan tes psikotes, baik secara online maupun tatap muka, tergantung pada persiapan. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sehingga dapat mengatasi setiap aspek tes dengan baik dan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Hasil dari psikotes untuk karyawan sendiri berfungsi untuk menjadi jembatan kesesuaian kultur perusahaan dengan karyawannya. Dengan mengetahui kemampuan dan kepribadian karyawan, perusahaan dapat lebih fokus terhadap apa yang bisa dilakukan agar pekerjaan dapat menjadi lebih maksimal. 

Tes seleksi untuk calon karyawan dilakukan oleh HR. Kini, proses seleksi pekerjaan tidak perlu menjadi tugas HR seorang. Ada Aikrut.id yang dapat membantu HR dalam proses seleksi karyawan di perusahaannya.

Silakan cek blog Aikrut untuk mendapatkan insight lainnya seputar dunia pekerjaan.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra