cara menghindari stres di kantor | aikrut

Cara Menghindari Stres di Kantor yang Mudah Dilakukan

cara menghindari stres di kantor | Aikrut

Bekerja dikantor adalah salah satu aktivitas yang melelahkan. Duduk berjam jam menghadap laptop adalah hal penat yang harus Anda lakukan sepanjang jam kerja. Hal itu akan menimbulkan stres yang berdampak pada hal hal yang lainnya. Oleh karena itu cara menghindari stres di kantor adalah hal yang perlu Anda ketahui.

Stres tersebut akan berdampak pada produktivitas Anda selama di kantor. Agar tidak mengganggu produktivitas kerja Anda, stres adalah sesuatu yang harus diminimalisir.

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini selengkapnya.

1. Begadang

Begadang adalah kegiatan yang sangat mungkin dirasakan selama bekerja menjadi orang kantoran. Banyak faktor yang membuat Anda memilih untuk lembur. Salah satunya alasannya adalah penambahan waktu diluar jam kerja.

Waktu yang tidak tepat tersebut mengharuskan Anda untuk mengerjakan tugas kantor diluar jam kerja. Meskipun begadang membuat Anda mampu mencapai target pengerjaan, akan tetapi hal itu mengurangi waktu istirahat Anda.

Itulah penyebab stres yang umum menimpa setiap karyawan. Perasaan tersebut membuat Anda menjadi mudah sakit dan menimbulkan kejadian fatal yang berimbas pada perusahaan.

Meskipun tidak bisa Anda hindari, namun Anda dapat meminimalisir kejadian tersebut. Cara ampuh yang mengurangi begadang adalah menyelesaikan tugas saat jam kantor. Aturlah jam-jam pengerjaan tersebut sebaik mungkin agar bisa lebih baik dalam menjadwalkan kegiatan.

Penjadwalan tersebut sebaiknya dikerjakan sebelum memulai kerja. Dengan demikian, Anda dapat mengerjakan pekerjaan yang sudah terjadwal dengan baik tersebut. Oleh karena itu, Anda lebih musah mengerjakan tugas tersebut

2. Ceritakan Keluh Kesah Anda

Jangan merasa sendiri dalam kantor. Kesendirian tersebut yang membuat Anda akan mengalami stres yang berkepanjangan. Cobalah untuk mengkomunikasikan keluh kesah terkait pekerjaan kepada rekan-rekan kantor.

Jika berkomunikasi dengan atasan adalah hal yang mustahil untuk dikerjakan, maka rekan selevel adalah alternatif yang baik. Mungkin saja mereka juga mengalami hal serupa yang sedang Anda rasakan.

Jika Anda dan teman Anda memiliki keluh kesah yang sama, itu artinya Anda sedang berada di zona pekerjaan yang tidak nyaman. Itu adalah hal yang cukup membahayakan jika terjadi terus menerus.

Cara menghindari stres di kantor pada bagian ini adalah dengan cara berkomunikasi dengan atasan Anda. Hal itu wajar karena komunikasi dengan atasan begruna untuk mendapatkan masukan terbaik untuk Anda dan kemajuan perusahaan.

3. Cara Menghindari stres di kantor dengan Beristirahat Sejenak

Istirahat di kantor berbeda dengan istirahat yang Anda lakukan di rumah. Meskipun caranya berbeda, tapi istirahat juga perlu Anda lakukan meskipun sedang berada di perusahaan.

Jika Anda sedang merasakan stres di kantor, berhentilah sejenak untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut. Pejamkan mata sebentar dan bersandarlah dikursi. Memejamkan mata adalah metode yang sederhana untuk mengistirahatkan mata setelah melihat layar berjam jam dan merasa kelalahan dalam bekerja.

Selai itu, cara menghindari stres di kantor yang lain adalah cobalah untuk mengerjakan hal-hal yang Anda sukai. Namun saat Anda merasakan stres, jauhkanlah handphone dari pandangan Anda. Sebuah peneliatian dari Journal Of Organizational Behavior menunjukan bahwa mematikan handphone dan beberapa peralatan yang menampilkan pesan singkat yang berkaitan dengan pekerjaan mampu mengurangi beban pikiran.

4. Lakukan Olahraga di Kantor

Siapa sangka, olahraga juga bisa Anda lakukan di kantor. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, seperti yang ada pada artikel milik Aikrut Ini.

Manfaatnya pun tidak kalah jauh dengan berolahraga yang biasanya. Olahraga juga termasuk cara menghindari stress di kantor karena Anda mencoba untuk menggerakkan badan dan menjauhkan pandangan dari tumpukan kertas dan layar komputer. Dengan olahraga ini, Anda akan lebih mudah berkonsentrasi dan bersiap untuk mengerjakan tugas-tugas lainnya.

Terapkan 4 Cara Menghindari stres di Kantor Mulai dari Sekarang

Stres dapat menimpa semua pekerja. Hal ini perlu Anda waspadai dengan menerapkan 4 cara tersebut.

Biasanya stres kerja karena adanya beban tugas yang berlebihan. HRD adalah dalah satu divisi yang memiliki beban kerja yang cukup besar. Dengan demikian, Anda perlu bantuan aplikasi yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence untuk menjalankan beberapa tugas menjadi seorang HRD.

Aikrut adalah solusi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan fitur berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI), Anda mampu menjalankan proses rekrutmen yang cepat dan efektif hingga mendapatkan karyawan yang presisi sesuai dengan keinginan perusahaan.

Hindari stres di kantor dengan mengurangi beban sebagai HRD dalam proses rekrutmen dengan menggunakan Aikrut!

Referensi:

https://www.alodokter.com/tips-mengatas-stres-kerja

https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/inilah-lima-cara-mengatasi-stres-di-tempat-kerja/

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas