Contoh Action Plan HRD

Contoh Action Plan untuk HRD

Action plan adalah dokumen untuk menyusun langkah atau tugas yang perlu dilakukan dalam mencapai sebuah tujuan dan tentunya sangat diperlukan bagi HRD. Setiap goal atau tujuan perlu dipastikan agar dipecah menjadi aksi-aksi yang bisa dilakukan agar bisa terpantau pelaksanaannya. Tidak hanya rencana berupa kegiatannya saja, tetapi waktu atau periode pun dibutuhkan dalam sebuah action plan.

Jika Anda sebuah HRD, baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui contoh action plan untuk HRD!

Manfaat Action Plan untuk HRD

Pekerjaan yang dilakukan seorang HRD tentu tidak sedikit. Maka dari itu, penting untuk membuat action plan agar tugas-tugas yang ada dapat dikerjakan dengan mulus. Berikut ini adalah empat manfaat dari action plan untuk HRD:

  1. Memberi arah yang jelas

Divisi HRD tentu memiliki anggota lebih dari satu dan dengan dibuatnya action plan bisa membuat rencana aktivitas bagi setiap anggota. Dengan begitu, tujuan yang dicapai pun terpantau lebih jelas.

  1. Mengatur jalannya tugas dengan efisien

Banyaknya tugas yang harus dilakukan dalam melakukan pekerjaan tentu perlu dicari cara untuk membuatnya lebih efisien. Salah satu caranya adalah dengan membuat action plan yang bisa menjadikan jalannya tugas lebih terorganisir.

  1. Progress lebih mudah dipantau

Kendala setiap orang dalam mengerjakan tugas adalah motivasi yang bisa saja hilang di tengah jalan, begitu juga dengan tugas yang dilakukan oleh HRD. Maka dari itu, penting untuk memantau progress yang sudah dijalankan untuk memastikan bahwa projek atau tugas besar terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana yang dibuat.

  1. Meningkatkan akuntabilitas

Action plan untuk HRD juga menjadi sebuah alat untuk meningkatkan akuntabilitas setiap tugas yang dikerjakan anggota tim. Melalui action plan, tim HRD dapat menghindari keterlambatan dan kesalahan yang bisa saja terjadi. 

Contoh Action Plan

Ingin tahu bagaimana isi dari action plan untuk HRD? Berikut ini adalah contoh dari sebuah action plan yang bisa dibuat untuk divisi Anda.

Action Plan untuk HRD
Source: Author by Canva

Berdasarkan contoh di atas, ada berbagai macam aspek yang perlu dimasukkan. Pertama, ada task untuk menentukan tugas apa yang perlu dilakukan divisi HRD. Lalu, actions menjadi rincian yang lebih spesifik lagi mengenai tugas yang akan dikerjakan. Dari setiap task, perlu ada penanggung jawab atau pemiliknya untuk mengontrol, maka dari itu perlu dimasukkan owner dari tugasnya. 

Ada juga timeline yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah tugas. HRD perlu memiliki waktu yang jelas mengenai tugas yang dikerjakan. Selain timeline, deadline perlu dibuat agar dapat diketahui kapan batas waktu tugasnya. Untuk bagian result, HRD dapat mengisi dengan apa yang dihasilkan dari tugas yang dilakukan.

Tips Menjalankan Action Plan

Tidak selamanya action plan dapat berjalan dengan baik. Untukmu sebagai HRD, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan action plan yang dibuat:

  1. Tentukan prioritas dari goal

Menentukan prioritas dari pembuatan goal dalam action plan bisa membuat perencanaan lebih efektif. Contohnya, sebagai seorang HR, Anda ingin memprioritaskan goal dalam rekrutmen karyawan baru. Sehingga, Anda dan tim dapat fokus memaksimalkan di kegiatan yang berkaitan dengan tujuan tersebut.

  1. Aktif memantau action plan

Tidak hanya dibuat lalu dilupakan, Anda sebagai pembuat rencana perlu memantau jalannya action plan. Mengapa perlu memantau? Jawabannya agar Anda tau apa saja kendala yang dihadapi selama menjalankan task dan bagaimana perkembangan rencana yang sudah dibuat.

  1. Memberi tanda pada tugas/task

Memantau tidak hanya sekadar mengecek saja, Anda bisa memberi tanda kepada task yang selesai maupun yang terkendala. Dengan memberi tanda, Anda akan lebih mudah mengingat dan menyelesaikan masalah yang muncul dalam pelaksanaan action plan. Dengan begitu, pekerjaan akan lebih cepat dan efektif terselesaikan.

  1. Evaluasi dari action plan

Ketika sudah memasuki deadline yang ditentukan dari setiap task di dalam action plan, Anda perlu membuat evaluasi. Tujuan dari evaluasi tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana cara membuat rencana yang lebih baik ke depannya dibarengi dengan implementasi yang lebih baik.

Baca Juga: Catat! Inilah Contoh Data Karyawan yang Wajib HRD Miliki

Dalam proses rekrutmen, Anda sebagai HR tidak perlu khawatir lagi dengan proses perekrutan yang memakan waktu lama. Kini, Aikrut.id hadir untuk membantu perusahaan Anda menyaring talenta berpotensial yang bisa maju bersama perusahaan Anda.

Aikrut.id merupakan aplikasi rekrutmen berbasis teknologi (Artificial Intelligence) yang dapat membantu Anda sebagai HR dalam proses rekrutmen.

Ingin coba? Yuk, hubungi kontak yang tertera di blog kami.

Untuk membaca lebih banyak artikel mengenai dunia pekerjaan, silakan baca juga artikel lainnya di blog Aikrut.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra