manfaat fasilitas kantor

Manfaat Fasilitas Kantor Bagi Karyawan

Fasilitas kantor merupakan hal yang bermanfaat bagi karyawan. Perusahaan perlu menyediakan fasilitas untuk menunjang produktivitas karyawan agar dapat maksimal dalam bekerja. Ada banyak jenis fasilitas kantor yang bisa perusahaan sediakan. Setiap fasilitas kantor tentunya memiliki manfaatnya masing-masing tidak hanya untuk karyawan, tetapi juga perusahaan.

Ingin tahu lebih mengenai manfaat fasilitas kantor bagi karyawan? Baca artikel ini sampai akhir ya! 

Jenis-jenis Fasilitas Kantor 

Sebelum membahas mengenai manfaat, Anda perlu mengetahui dulu apa saja yang termasuk dalam kategori fasilitas kantor. Setiap kantor tentunya memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Namun, berikut ini adalah beberapa fasilitas yang umum kantor yang dapat karyawan gunakan:

1. Koneksi internet

Internet menjadi satu kebutuhan dalam kehidupan. Dalam ranah pekerjaan, internet juga memegang peranan penting. Meskipun tidak terlalu berkutat di industri teknologi, internet tetap menjadi kebutuhan sehari-hari.

Setiap kantor perlu menyediakan kebutuhan koneksi internet untuk karyawan dengan memasang wifi. Paket data memang tidak semurah itu apalagi jika internet dipakai selama 8 jam bekerja. Koneksi internet yang cepat dan optimal dapat menguntungkan karyawan dan perusahaan. Dengan lancarnya internet, karyawan akan lebih produktif melakukan pekerjaannya.

2. Tempat kerja

Ketika WFO atau work from office, tentunya kita butuh sebuah tempat untuk bekerja. Entah berupa meja kecil dan kursi atau mungkin kubikel sendiri. Ada banyak macam contoh tempat kerja yang bisa perusahaan sediakan untuk karyawannya. Tempat kerja menjadi kebutuhan pokok untuk karyawan yang bekerja dari kantor.

3. Laptop

Ketika bekerja, tentunya membutuhkan alat. Di masa kini, salah satu alat yang penting untuk digunakan seorang karyawan adalah laptop. Kantor bisa menyediakan fasilitas laptop untuk menunjang produktivitas karyawan. Tidak dapat dimungkiri bahwa fleksibilitas penggunaan laptop bisa memudahkan karyawan untuk dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja.

4. Printer dan fotokopi

Printer dibutuhkan untuk mencetak dokumen atau pekerjaan yang dikerjakan di laptop atau komputer. Biasanya dokumen yang perlu dicetak adalah surat-surat penting dan laporan pekerjaan. Meskipun sekarang sudah lebih canggih, kita dapat mengirimnya lewat email atau ditaruh di penyimpanan awan atau cloud, tetapi printer masih dibutuhkan agar bisa memiliki dokumen fisik.

Selain itu, ada fotokopi yang tidak kalah penting untuk membantu pekerjaan karyawan di kantor. Dengan adanya fotokopi, ketika butuh mencetak dokumen lebih dari satu rangkap, bisa menggunakan mesin tersebut agar lebih hemat. Selain itu, fotokopi pun berguna untuk menyalin dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

5. Ruangan umum

Kantor tidak hanya sebagai tempat untuk bekerja tetapi juga bersosialisasi dengan rekan kerja yang lain. Tidak hanya itu, acara kantor pun membutuhkan tempat dan tentunya tidak dapat dilaksanakan di ruang yang sama dengan tempat bekerja. Maka dari itu, ruangan umum penting sekali untuk disediakan kantor agar beberapa kegiatan dapat terlaksana lebih leluasa.

Baca Juga: Apa Itu Cuti Bersama dan Kapan Saja?

Manfaat Fasilitas Kantor

Fasilitas kantor bukan lagi sekadar tempat kerja, melainkan elemen kunci dalam menciptakan lingkungan yang mendukung produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Dalam menghadapi era bisnis yang terus berkembang, perusahaan yang berinvestasi dalam penyediaan fasilitas dapat membawa dampak positif pada timnya. 

1. Meningkatkan Produktivitas

Ketika seorang karyawan dapat menikmati pekerjaannya di kantor karena lengkapnya ketersediaan fasilitas kantor, hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatannya. Produktivitas seorang karyawan bisa meningkat karena fasilitas yang dapat menunjang kebutuhannya dalam bekerja. 

2. Menumbuhkan Kolaborasi untuk Ide dan Inovasi

Ruang kolaborasi bukan hanya tempat untuk pertemuan, tetapi juga tempat di mana ide-ide inovatif berkembang. Fasilitas ini menciptakan atmosfer yang mendukung kolaborasi tim, merangsang kreativitas, dan meningkatkan produktivitas. 

3. Keseimbangan Hidup dan Kerja Karyawan

Ketika perusahaan dapat memenuhi kebutuhan karyawan di kantor, tidak hanya produktivitas kinerja yang menjadi dampak baiknya, tetapi juga kesejahteraan karyawannya. Tersedianya fasilitas di kantor akan memaksimalkan pekerjaan karyawan di kantor dan kemungkinan membawa pekerjaan pulang ke rumah sangat kecil. Dengan begitu, keseimbangan antara hidup dan kerja keryawan lebih terjamin.

Sebagai HRD, jika kantor Anda belum menyediakan fasilitas kantor yang memadai, Anda dapat mengajukan beberapa usul. Kesejahteraan karyawan memang merupakan salah satu hal yang perlu dipikirkan oleh Human Resources Team. Selain itu, HRD juga perlu melakukan proses rekrutmen.

Kini, Aikrut.id hadir untuk menjadi solusi dalam proses rekrutmen yang praktis! Semua dapat dilakukan di dalam satu platform. Silakan baca juga blog Aikrut untuk mengetahui informasi lebih mengenai dunia pekerjaan.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra