employee gathering

Employee Gathering: Sarana Kumpul Karyawan yang Bermanfaat

Setiap perusahaan perlu memiliki kegiatan berkumpul bersama untuk para karyawan yang disebut employee gathering. Ada dua arti employee gathering, bisa dimaknai secara kegiatan formal dan informal. Namun, tujuan employee gathering sesuai dengan namanya yaitu menyatukan para karyawan dalam satu kegiatan yang sama.

Untuk lebih tau mengenai employee gathering, baca artikel ini sampai akhir ya!

Pengertian Employee Gathering

Employee gathering adalah aktivitas yang ditujukan untuk melibatkan partisipasi seluruh karyawan untuk hadir, bisa untuk hal-hal profesional maupun santai. Contoh dari aktivitas profesional adalah adanya rapat tahunan, town hall meeting, ataupun diskusi bersama. Sedangkan aktivitas santai bisa seperti hiburan bermain games bersama, olahraga bersama, outbound, ataupun jalan-jalan bersama. 

Kegiatan berkumpul tersebut dapat meningkatkan soft skill karena melibatkan berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, dengan bersenang-senang atau memberi hiburan kepada karyawan, bisa berdampak kepada produktivitas kerjanya. Berikut ini adalah contoh acara employee gathering yang seru dan bisa merekatkan hubungan antarkaryawan:

1. Sharing session

Dengan mengadakan sharing session, karyawan bisa saling bercerita kepada satu sama lain. Sesi tersebut bisa memperkuat ikatan hubungan karena akan terjadi interaksi satu sama lain dan saling mengenal. Tidak hanya sekadar mengobrol, karyawan bisa saja membagikan informasi yang bermanfaat dalam sesi tersebut.

2. Menonton film bersama

Meskipun selera film setiap orang berbeda-beda, sesi seperti ini dapat dinikmati bersama dengan mencari jalan tengah atau film yang sifatnya universal. 

3. Tukar kado

Sesi tukar kado juga bisa mempererat hubungan antarkaryawan. Memberikan barang yang berkesan bisa meninggalkan bekas di ingatan dan sebagai bentuk apresiasi untuk satu sama lain.

4. Jalan-jalan bersama

Menghabis waktu dengan jalan-jalan bersama tentunya akan cukup lama. Dalam kurun waktu tersebut, para karyawan bisa lebih saling mengenal sifat satu sama lain. Ada kemungkinan juga menambahnya kebahagiaan karena menghabiskan waktu dengan seru.

Baca Juga: 7 Contoh Proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Manfaat dan Tujuan Employee Gathering

Kegiatan employee gathering tidak dilaksanakan begitu saja tanpa tujuan dan manfaat yang jelas. Berikut ini kami rangkum 6 manfaat dan tujuan dari kegiatan karyawan berkumpul bersama:

  1. Membangun kekompakan antar karyawan agar meningkatkan solidaritas tim dalam bekerja

Pertemanan antar karyawan akan semakin terasah di dalam kegiatan kebersamaan. Ketika semakin terjalin hubungan baik dalam sosial, pekerjaan pun akan menjadi lebih mudah untuk dikomunikasikan.

  1. Mengakrabkan diri satu sama lain

Mengedepankan profesionalitas bukan berarti mengorbankan interaksi sosial. Karyawan bisa tetap akrab meskipun saat bekerja bersikap profesional. 

  1. Bentuk refreshing untuk karyawan agar menambah semangat

Pekerjaan yang padat tentu saja membuat karyawan lelah dan rentan burn out. Dengan diadakannya employee gathering, hal itu akan menjadi sesi untuk beristirahat dan bersenang-senang sehingga tidak berkutat dengan tekanan.

  1. Menghadirkan momen yang membekas dan berkesan bagi karyawan

Hubungan sosial tidak hanya bertahan dengan interaksi satu sama lain, tetapi juga momen berkesan. Waktu yang dihabiskan bersama antarkaryawan bisa menjadi kenangan di kemudian hari.

  1. Memperbaiki kualitas komunikasi

Semakin banyak berinteraksi, akan semakin bisa memahami satu sama lain. Kualitas komunikasi bisa ditingkatkan melalui employee gathering karena akan terjadi banyak interaksi di sana.

  1. Menjadi bentuk apresiasi atas kerja keras karyawan

Sebagai perusahaan, tentu perlu memikirkan kesejahteraan karyawan tidak hanya dari segi upah, tetapi juga aspek lain seperti apresiasi berupa acara yang baik. 

Baca Juga: Bagaimana Bentuk Surat Tidak Diperpanjang Kontrak Kerja?

Tips Mengadakan Employee Gathering

Berikut adalah beberapa tips mengadakan employee gathering:

1. Tentukan tema dan lokasi yang menarik dan tepat

Ketika merencanakan sebuah acara, tema dan lokasi menjadi penting untuk dipertimbangkan. Tema akan menentukan ke mana arah dari acara tersebut. Sedangkan lokasi bisa menentukan seberapa nyaman acara tersebut digelar. Sebagai perancang event employee gathering, Anda perlu meriset tema dan lokasi mana saja yang tepat serta cocok dari sisi karyawan maupun perusahaan.

2. Buatlah acara yang menarik dan bermanfaat

Acara yang dibuat tentu tidak boleh asal jadi saja atau sembarangan. Semakin menarik acara, akan semakin banyak karyawan yang minat berpartisipasi. Selain itu, jika acaranya bermanfaat tentu akan menimbulkan kesan baik terhadap perusahaan. Hal tersebut akan berdampak juga kepada hal lain seperti loyalitas karyawan.

3. Ajak seluruh karyawan untuk mengikuti acara (berpartisipasi)

Setiap karyawan pasti memiliki kesibukan masing-masing di luar jam kerja. Memang tidak semudah itu untuk mengajak seluruh karyawan untuk ikut meramaikan acara kantor. Namun, harus tetap diupayakan salah satunya dengan menjalankan 2 tips sebelumnya.

4. Rancang anggaran yang sesuai

Membuat sebuah acara tidak lepas dari perencanaan anggaran. Perusahaan perlu membuat rancangan anggaran yang sebaik mungkin untuk bisa membuat acara besar kantor sukses. Acara employee gathering ini karena melibatkan seluruh karyawan, tentu bukan skala kecil lagi. Maka dari itu, penting untuk membuat rancangan anggaran agar tidak merugikan pihak yang terlibat.

Employee gathering ini salah satu dari banyaknya acara yang bisa HR adakan untuk karyawan. Sebagai HR memang perlu banyak belajar tidak hanya soal perusahaan tetapi juga karyawan di dalamnya. Ada banyak hal yang perlu HR lakukan, salah satunya adalah proses rekrutmen. 

Untuk membantu Anda, para HR, dalam proses rekrutmen, Aikrut.id memiliki solusinya. Fitur-fitur yang kami tawarkan membuat proses rekrutmen menjadi lebih sederhana dan bisa diakses dengan mudah. 

Perusahaan Anda tertarik dalam memakai produk kami? Yuk, hubungi kontak tertera di website kami!

Silakan mampir juga ke blog Aikrut untuk mengetahui insights lainnya mengenai dunia pekerjaan.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra