World-Adoption-Day-Perayaan-yang-Belum-Terasa-Familiar

World Adoption Day, Perayaan yang Belum Terasa Familiar

Sejarah World Adoption Day

Pada 9 November setiap tahunnya diperingati sebagai hari adopsi sedunia atau World Adoption Day. Perayaan ini terasa asing dan jarang dibicarakan dibandingkan beragam hari peringatan lainnya. World adoption day pertama kali dirayakan pada tahun 2014. 

Kegiatan ini tercetus dari Hank Fortener selaku Founder dari AdoptTogether. Hari adopsi sedunia membawa misi “Dunia tanpa anak yatim lagi, keluarga untuk setiap anak”. Perayaan ini menyuarakan jika setiap anak berhak untuk memiliki keluarga. 

Perayaan ini terwujud dari komunitas di Los Angeles yang berkumpul dan berbagi cerita mengenai kisah adopsi. Namun, mereka menyadari jika tidak ada perayaan hari adopsi di seluruh dunia. Jadi tim AdoptTogether berkumpul dan mencetuskan World Adoption Day pertama kali pada 9 November 2014. Peringatan ini bertujuan untuk merayakan terbentuknya sebuah keluarga melalui adopsi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan adopsi sekaligus melakukan pengumpulan dana untuk mendukung keluarga pendukung adopsi. 

World adoption day bermula dari Hank yang mengambil foto gambar wajah tersenyum di tangannya dan membagikannya kepada dunia melalui lini masa yang dia miliki. Tanpa disadari campaign ini menarik perhatian banyak orang dan mendapatkan respon luar biasa. Ribuan orang berpartisipasi di media sosial, serta menjadi headline berita. Campaign ini juga menarik kalangan selebriti untuk bergabung dan membagikan wajah tersenyum mereka sendiri. 

2021 menjadi tahun ke-6 perayaan World Adoption Day, dan telah didukung oleh lebih dari 60.000 orang dari seluruh dunia, yang tersebar di 7 benua yang ikut merayakan hari adopsi sedunia.

 Definisi Adopsi

Adopsi sendiri adalah bentuk mengangkat anak yang tidak besar dalam lingkungan keluarga kandungnya kemudian menjadi anggota penuh di keluarga baru dan sah secara hukum. Adopsi harus melalui serangkaian proses hukum untuk memastikan legalitasnya. Orang tua yang memutuskan untuk memiliki anak adopsi, mempunyai hak dan tanggung jawab untuk merawat mereka selayaknya perawatan keluarga inti. 

Adopsi menjadi kegiatan yang mulia dan berharga karena menemukan pasangan orang tua dan anak untuk saling berbagi kasih sayang. Tidak ada satupun orang tua yang berkeinginan untuk terpisah dan berpisah dengan anaknya. Namun, terkadang kondisi dan sumber daya yang ada tidak mampu memberikan penghidupan yang layak untuk tumbuh kembang anaknya. 

Pasangan suami istri yang berkeinginan memiliki buah hati, namun terhalang permasalahan medis yang membuat mereka harus mengubur impiannya. Wanita atau pria single yang ingin memiliki anak namun belum siap berkomitmen mempunyai pasangan. Atau mereka yang telah memiliki anak namun tetap mempunyai keinginan untuk memberikan penghidupan layak bagi yang lain. Maka mungkin, adopsi menjadi pilihan terbaik untuk hal ini. 

Setiap cerita adopsi mempunyai versinya masing-masing, namun sebagian besar kisah adopsi bermula dari kisah menyakitkan seperti seorang ibu yang kehilangan anaknya karena berbagai hal. Melansir laman CNN Indonesia, adopsi memberikan manfaat bagi anak dan keluarga. Salah satunya membuka kesempatan bagi setiap anak untuk memperoleh kehidupan dan pengasuhan yang layak. Anak bisa memperoleh cinta dan kasih sayang dari keluarga. 

Bagaimana Cara Merayakan World Adoption Day ?

Melalui hari adopsi sedunia komunitas mengajak semua orang untuk menyampaikan suaranya mengenai cerita mereka tentang adopsi, merefleksikan setiap perjalanan adopsi dan terhubung dengan orang-orang yang tersentuh dengan adopsi. Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk perayaan hari adopsi sedunia adalah:

Mengikuti Campaign

World adoption day identic dengan melukis gambar terseum di tangan. Kamu bisa memulai perayaan 9 November dengan langkah kecil ini. Selanjutnya, gambar tersebut Kamu foto dan diupload di berbagai lini masa dengan menyematkan #WorldAdoptionDay pada keterangannya. 

Bercerita

Jika Kamu memiliki pengalaman berkesan tentang adopsi, hari ini akan menjadi momen penting untuk berbagi cerita tentang itu. Tapi perayaan ini tidak hanya terbatas pada mereka yang berpengalaman tentang adopsi, untuk Kamu yang tertarik dengan adopsi juga bisa membagikan pemikirannya di lini masa, hal ini  juga menjadi wujud perayaan world adoption day. 

Donasi 

AdoptTogether menggalang donasi untuk disalurkan pada keluarga yang terhubung karena adopsi. Selain itu, donasi juga diberikan pada mereka yang berkeinginan untuk adopsi tetapi terhalang biaya, jadi dengan memberi Kamu bisa membantu mereka selangkah lebih dengan dengan impian adopsi yang dimiliki. 

Perayaan 

Duta besar World AdoptionDay menyelenggarakan pertemuan dan berkumpul pada 9 November untuk merayakannya. Perayaan ini menyatukan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat untuk berbagi kisah mereka tentang adopsi. 

Tentang Penulis

Defka Yuliani