Memasuki Musim Hujan, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), diperkirakan seluruh wilayah Indonesia sudah akan memasuki musim hujan di bulan Desember. Memasuki penghujung tahun memang erat dengan pergantian musim kemarau memasuki musim hujan. Jika pada musim hujan ini anda masih diharuskan untuk beraktivitas, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan diri. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. 

Perlengkapan Musim Hujan

Pastinya perlengkapan musim hujan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Tidak jarang, hujan bisa menghambat mobilitas anda saat sedang ingin bepergian ke suatu tempat. Sudah sewajibnya anda mempersiapkan diri dengan barang yang diperlukan untuk melawan hujan secara maksimal, seperti jas hujan dan payung. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, selalu sediakan payung dan jas dalam bagasi atau jok kendaraan. Jika anda menggunakan kendaraan umum, siapkan kedua barang tersebut dalam tas yang anda gunakan sehari hari.

Selain itu, saat ingin memasuki rumah, ada baiknya anda menyiapkan keset kaki yang bisa menyerap air dengan cepat dan keranjang jika diperlukan untuk meletakkan payung yang telah digunakan agar tidak membasahi daerah lain.

Bersiap Untuk Pemadaman Listrik

Memasuki musim penghujan, tidak ada yang tahu bagaimana intensitas hujan yang akan turun. Bisa saja hanya curah hujan rendah, tapi tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim. Ketika cuaca ekstrim melanda, salah satu cara yang sering dilakukan oleh PLN adalah melakukan pemadaman listrik untuk mengantisipasi kejadian membahayakan yang bisa terjadi. Potensi kilat atau petir saat hujan deras juga dapat menyebabkan pemadaman listrik terjadi.

Agar anda benar benar bisa siap menghadapi kemungkinan pemadaman listrik, sediakanlah senter, genset, atau lampu darurat. penggunaan lilin sudah tidak terlalu disarankan karena jika tidak diperhatikan dan diletakkan di tempat yang aman, dapat memicu peristiwa yang tidak diinginkan lainnya, seperti kebakaran. 

Selain itu, pastikan perangkat komunikasi anda dalam keadaan daya penuh, sehingga bisa digunakan jika pemadaman listrik berlangsung lama, atau jika terjadi keadaan darurat. Tidak ada salahnya jika anda selalu menyimpan nomor darurat yang bisa langsung dihubungi jika berada dalam keadaan yang genting. 

Menjaga Kekebalan Tubuh

Musim hujan sangat identik dengan sakit skala ringan yang sering terjadi, seperti pilek, meriang bahkan demam. Selain itu, ditambah dunia masih berada di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang, sudah selayaknya anda menjaga kekebalan tubuh dengan baik. Anda bisa mengkonsumsi obat, vitamin dan suplemen daya tahan tubuh untuk terhindar dari virus dan potensi penyakit.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, anda juga harus memperhatikan pola makan yang anda jalani. Lebih baik untuk mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran, ataupun teh herbal yang bisa menghangatkan tubuh. Jangan lupa untuk tetap menjaga tubuh agar terhidrasi dengan rajin minum air putih, sekurangnya dua liter dalam satu hari.

Jaga Kebersihan Sekitar Rumah

Salah satu potensi bencana yang bisa terjadi ketika musim hujan tiba adalah banjir. Hal ini dapat anda antisipasi dengan menjaga kebersihan di sekitar tempat tinggal, terutama saluran pembuangan atau saluran lain yang dialiri air hujan. Pastikan air yang terbuang tidak tergenang atau terkumpul pada satu titik saja.

Anda juga perlu ingat dengan bahaya penyakit demam berdarah yang timbul dari wilayah air yang tergenang. Langkah pencegahan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan menghindari air tergenang setelah hujan. 

Kenali Potensi Bencana

Bencana bisa terjadi dimanapun anda berada, entah di rumah atau di lingkungan kerja. Sebaiknya, anda bisa mengenali potensi bencana yang akan terjadi, misalnya curah hujan deras dan  angin kencang disertai kilat dan petir. Selain itu, sebagai tindakan antisipasi, anda bisa mengunduh aplikasi info BMKG untuk mengetahui prakiraan cuaca di sekitar anda atau tempat yang anda tuju. Jangan lupa selalu cek pesan yang masuk di handphone anda karena jika ada potensi bencana yang terjadi, BMKG akan mengirim SMS blast pada seluruh nomor di wilayah tersebut.

Musim hujan memang bukanlah hal yang asing bagi kita, namun jika tidak anda siapkan dengan baik, maka akan rawan memunculkan dampak negatif bagi diri sendiri, orang di sekitar kita dan aktivitas yang akan dilakukan. Mari siapkan diri masing masing dan nikmati musim penghujan dengan hati yang tenang.

Tentang Penulis

Mario Soriton