Tips Melakukan Self Healing yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Dalam diri manusia terdapat perasaan sedih maupun traumatis, terlebih lagi jika mengalami kegagalan karena suatu hal yang Anda jalani. Anda tidak bisa menghindari hal ini meskipun manusia terlahir kembali. Perasaan-perasaan ini dapat menjadikan hidup seseorang seperti tidak memiliki semangat. Selain itu, kondisi ini bisa berdampak buruk pada mental Anda, kondisi ini juga bisa membuat Anda lebih mudah depresi dan dapat berakibat fatal pada kesehatan Anda.

Kondisi fisik atau mental yang buruk dapat menghasilkan keadaan di mana psikologis Anda mengalami stres, depresi, dan lain-lain. Ketika Anda sudah mengalami hal seperti ini, Anda dapat melakukan sebuah metode penyembuhan diri atau self healing, untuk memulihkan kondisi fisik Anda.

Metode penyembuhan diri atau self healing adalah metode yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan luka, atau perasaan sedih  karena stressor tertentu. Metode ini bertujuan untuk membuat Anda memahami diri Anda sendiri, mengintrospeksi diri, serta membentuk pikiran yang positif tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda. Dengan dasar keyakinan Anda sendiri, metode ini dapat mendorong Anda menuju kesembuhan dan mengembalikan kepercayaan diri Anda.

Ketika self healing Anda berhasil, maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat dalam menghadapi berbagai kesulitan, maupun kegagalan yang membuat Anda trauma. Dengan self healing Anda akan memandang bahwa masalah yang ada di hidup Anda dapat memberikan pelajaran yang sangat berharga, yang tidak Anda temukan melalui siapapun.

Self healing dapat Anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan profesional. Ketika kesedihan Anda sudah terlalu dalam dan sulit bagi Anda untuk mengatasinya sendiri, cari bantuan profesional untuk mengetahui akar dari permasalahan yang ada dalam diri Anda, dengan melakukan konseling ataupun terapi secara berkala.

Akan tetapi, apabila Anda ingin melakukan self healing sendiri, anda dapat melakukan perubahan-perubahan kecil yang membuat Anda merasa lebih baik. Berikut ini adalah tips melakukan self healing yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Maafkan diri Anda sendiri

Hidup dengan memiliki rasa bersalah terus – menerus hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Mungkin Anda pernah merasa gagal, sedih, marah, hingga kecewa dengan diri Anda sendiri. Namun, hal tersebut hanya menjadi beban emosional di masa depan. Melakukan self healing dengan memafkan diri sendiri dapat memberi kesempatan untuk menunjukkan diri Anda yang sebenarnya kepada dunia, dan menerima kesempatan untuk melakukan hal-hal yang luar biasa di hidup Anda.

2. Berdialog dengan diri sendiri

Berdialoglah dengan diri Anda sendiri, hal ini bertujuan untuk melatih Anda dalam mengatakan kejujuran pada diri sendiri.  Jika Anda sudah jujur dengan diri sendiri, maka Anda sudah berdamai dengan diri Anda sendiri, hal ini membuat Anda mudah menerima segala yang telah terjadi. Ingatlah bahwa semuanya telah terjadi, baik di luar maupun dalam kendali Anda, tidak perlu menyalahkan keadaan, karena keadaan itulah yang bisa membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Membuat Sugesti

Setelah tubuh menerima perasaan negatif, selanjutnya cobalah menanamkan sugesti positif. Sugesti dapat mendorong Anda untuk terus berkembang dan berpikiran positif, tanamkan sugesti ini dalam diri Anda seutuhnya. Memiliki sugesti yang positif dapat Anda lakukan saat berada dalam keadaan yang membuat Anda tertekan secara emosional, contohnya dengan menyakinkan diri Anda sendiri bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, dan yakinkan pada diri Anda, bahwa Anda bisa melewatinya.

4. Mindfulness

Istilah mindfulness dapat diartikan sebagai cara berpikir dengan kesadaran penuh, dengan memaknai setiap kejadian yang telah dilewati dengan akal sehat (secara logis). Mindfulness bisa Anda lakukan dengan; mencari tempat tenang, memejamkan mata, kemudian fokus terhadap diri Anda sendiri dan yang Anda miliki. Dengan melakukan Mindfullness, cobalah untuk memahami setiap emosi yang ada dalam diri. Mindfullness dapat dilakukan secara rutin untuk membantu Anda memberikan ketenangan dalam diri Anda.

5. Membiarkan emosi mengalir

Dalam melakukan self healing, hal yang terpenting adalah membiarkan emosi mengalir dengan sendirinya. Menangislah jika Anda ingin menangis, tidak perlu menahan emosi, biarkan mengalir dengan sendirinya. Keluarkan semua perasaan kecewa, marah, dan emosi negatif lainnya agar membuat diri Anda lebih tenang. Perlu diingat, cobalah bersikap lembut pada diri sendiri, jangan melakukan hal-hal yang justru menyakiti diri Anda sendiri, seperti memaki, dan mengkritik diri Anda karena perasaan kesal Anda. Perlakukan diri Anda layaknya manusia yang penuh kasih sayang, anggap diri Anda sendiri adalah orang yang berharga dalam hidup Anda.

6. Bermeditasi

Lakukan meditasi untuk mengalihkan fokus Anda dari masa lalu maupun masa depan. Anda hanya perlu belajar untuk lebih rileks akan semua hal yang sedang terjadi. Pahami apa yang Anda pikirkan, dan rasakan, dari sini Anda akan tahu apa tubuh Anda sedang mencoba mereson secara fisik atau emosional, seperti lelah pada tubuh dan perasaan sedih atau marah. Dalam self healing, hal utamanya adalah untuk menyadari masalah dan perasaan negatif yang ada pada diri Anda.

Berikut tadi adalah tips self healing yang bisa Anda lakukan sendiri, Anda juga bisa berkonsultasi dengan bantuan profesional untuk membantu menemukan akar dari permasalahan yang Anda alami. Terdapat berbagai cara lainnya untuk melakukan self healing, seperti beribadah dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa, ataupun pergi ketempat yang Anda sukai. Tips tersebut dapat dilakukan secara intrapersonal, atau dengan diri Anda sendiri. Semoga tips tersebut dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental Anda.

Tentang Penulis

Vian Nauval