Artikel certified human resources manager

Certified Human Resources Manager: Syarat, Peran dan Tanggung Jawab

Apakah Anda pernah mendengar istilah Certified Human Resources Manager (CHRM)? CHRM adalah manajer untuk bidang sumber daya manusia yang tersertifikasi. Sebuah perusahaan tentunya memerlukan sumber daya manusia untuk menjalankan operasionalnya. Maka dari itu, penting sekali memilih manajer divisi sumber daya manusia. Salah satu perwujudannya adalah dengan memilih manajer yang bersertifikasi.

Ingin tahu lebih mengenai CHRM? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Apa itu Certified Human Resources Manager (CHRM)?

Certified Human Resources Manager (CHRM) adalah sertifikasi manajer bidang human resources yang bisa didapatkan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kredibilitas dari sertifikasi tersebut tidak hanya diakui di Indonesia, tetapi sampai regional Asia Tenggara. Hal itu penting karena memang diakui kalau kunci jalannya perusahaan dengan baik adalah meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

Seperti yang tertulis dalam surat keputusan nomor 115 dari Kementerian Ketenagakerjaan di tahun 2022, para praktisi atau orang yang berprofesi di bidang sumber daya manusia wajib memiliki sertifikasi kompetensi. Maka dari itu, ada banyak pelatihan yang kini diselenggarakan untuk memenuhi ketentuan pemerintah tersebut.

Peran dan Tanggung Jawab Certified Human Resources Manager (CHRM)

Ada banyak tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang certified human resources manager yang kebanyakan berkaitan dengan perusahaan dan karyawan. Proses rekrutmen, pelatihan karyawan, kebutuhan karyawan (seperti gaji dan tunjangan), dan kesejahteraan karyawan sesuai dengan aturan merupakan tugas-tugas yang perlu dipahami oleh human resources manager.

Ada dua fungsi yang dimiliki oleh human resources manajer yaitu dari sisi manajer dan secara general. Untuk guna sebagai manajer, lebih banyak berkutat seputar perencanaan, pengawasan, dan pemberi arahan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Sedangkan secara umum, proses rekrutmen, kompensasi, motivasi, koordinasi, dan pengembangan karyawan. 

Syarat dan Prosedur untuk Mendapatkan Sertifikasi CHRM

Sertifikasi CHRM sudah bisa didapatkan di beberapa lembaga. Namun, sertifikasi tersebut memiliki syarat-syarat peserta dan juga prosedur yang perlu dijalani. 

Berikut ini adalah syarat-syarat untuk menjadi peserta pelatihan CHRM:

  1. Minimal pendidikan SMA dengan pengalaman kerja yang relevan minimal 10 tahun.
  2. Minimal pendidikan D1 dengan pengalaman kerja yang relevan minimal 7 tahun.
  3. Minimal pendidikan D2 dengan pengalaman kerja yang relevan minimal 4 tahun.
  4. Minimal pendidikan D3 dengan pengalaman kerja yang relevan minimal 3 tahun.
  5. Minimal pendidikan S1 dengan pengalaman kerja yang relevan minimal 2 tahun.
  6. Minimal pendidikan S2 dengan pengalaman kerja yang relevan minimal 1 tahun.
  7. Sudah tersertifikasi sebagai supervisor SDM dari BNSP (jangka 1 tahun). 
  8. Sudah tersertifikasi sebagai analis senior pengembangan organisasi dari BNSP (jangka 1 tahun).

Berikut ini adalah prosedur yang perlu dilalui dalam mendapatkan sertifikasi CHRM:

  1. Mendaftar pelatihan sertifikasi Certified Human Resources Manager.
  2. Mengikuti seluruh alur pelatihan berupa materi-materi.
  3. Melaksanakan ujian sertifikasi setelah selesai semua pembekalan.
  4. Jika lulus, sertifikasi CHRM bisa didapatkan secara resmi.

Ada banyak materi yang bisa didapatkan selama sertifikasi. Ingin tahu apa saja materinya?

  1. Merancang kebijakan dan aturan untuk sebuah perusahaan terutama yang berhubungan dengan sumber daya manusia.
  2. Merancang strategi untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. 
  3. Mengelola kinerja karyawan, remunerasi, dan organisasi perusahaan.

Perbedaan Certified Human Resources Manager dengan Spesialis Human Resources

Ada banyak jenis role lain di bagian human resources. Salah satunya adalah spesialis human resources. Lalu, apa perbedaannya dengan CHRM? Jadi, seorang spesialis HR biasanya hanya berkutat dalam bidang sumber daya manusia. Maka dari itu, sesuai keahliannya, segala hal mengenai manajemen, hubungan karyawan, pelatihan, dan perencanaan untuk sumber daya manusia diurusi oleh spesialis HR. 

Tanggung jawab dari HR specialist juga mengetahui apa yang perlu ditingkatkan dari perusahaan, contohnya adalah kinerja karyawan. HR specialist juga turut andil dalam pengelolaan budaya organisasi sebuah perusahaan. Jadi, berbeda dengan CHRM yang cenderung mengurusi tentang pengelolaan perusahaan yang tidak terbatas hanya pada bidang sumber daya manusia.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan sertifikasi sebagai human resources manager, Anda perlu mengikuti rangkaian pelatihannya sampai akhir. Sebagai seorang HR, interview calon karyawan pun menjadi tugas yang perlu dilakukan. Kini, sudah ada Aikrut.id yang dapat membantumu dalam proses rekrutmen. Ada banyak fitur-fitur canggih yang bisa Anda gunakan, contohnya adalah asesmen yang akurat untuk calon kandidat dalam satu platform all-in-one. Jadi, Anda tidak perlu pindah platform untuk melakukan proses rekrutmennya.

Silakan baca blog Aikrut juga untuk mengetahui lebih banyak insight mengenai dunia pekerjaan.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra