CHRO adalah

Apa Tugas dan Tanggung Jawab dari CHRO?

Perusahaan tentunya membutuhkan seseorang yang menjadi pemimpin untuk bagian pengembangan sumber daya manusia dan proses rekrutmen, posisi tersebut bernama Chief Human Resources Officer (CHRO). Hal yang perlu seorang CHRO kelola adalah strategi dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Ingin tahu lebih lanjut mengenai CHRO? Baca artikel ini sampai habis ya!

Apa itu Chief Human Resources Officer (CHRO)?

Definisi dari Chief Human Resources Officer (CHRO) adalah seorang senior atau pihak eksekutif yang memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan strategi perusahaan dalam aspek manajemen sumber daya manusia. Tidak hanya sekadar strategi, CHRO juga perlu menyesuaikan antara rencana bisnis dengan strategi yang ingin perusahaan lakukan. CHRO adalah sosok yang biasanya menjadi pemimpin dari divisi Human Resources dan mengelola segala hal seputar manajemen karyawan. 

Ada banyak nama yang satu jenis dengan CHRO, seperti Head of Human Resources, Chief Talent Officer, Chief People Officer, ataupun Vice President of HR. Seorang eksekutif seperti CHRO perlu melaporkan kinerja langsung ke bagian eksekutif lainnya seperti direksi atau CEO.

Tugas dan Tanggung Jawab Chief Human Resources Officer (CHRO)

Ada banyak tugas dan tanggung jawab dari seorang Chief Human Resources Officer (CHRO). Tidak hanya berkutat dengan strategi manajemen sumber daya manusia perusahaan saja. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab dari chief human resources officer:

1. Menjadi pengawas divisi Human Resources (HR)

Chief human resources officer sebagai eksekutif tentunya memiliki fungsi sebagai pengawas pihak-pihak yang ada di bawahnya. Divisi yang dipimpin dan diawasi langsung oleh CHRO adalah divisi Human Resources. CHRO perlu memastikan bahwa segala tugas dan pekerjaan yang divisi HR lakukan dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan target besar perusahaan.

2. Pembuat keputusan strategis bagi perusahaan dalam aspek Human Resources (HR)

Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misi sendiri. Hal tersebut perlu ada keselarasan dengan dengan divisi yang ada di dalam perusahaan, salah satunya adalah divisi sumber daya manusia (SDM). Menjadi pemimpin dalam divisi HR tentu membuat seorang CHRO dapat menjadi pembuat keputusan strategis. Keputusan yang dibuat tentunya seputar kebutuhan dalam manajemen sumber daya manusia di dalam perusahaan.

3. Merancang inisiatif untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia

Sumber daya manusia penting sekali dalam pengembangan perusahaan. Maka dari itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu hal yang perlu diperjuangkan oleh chief human resources officer. Dalam merekrut seorang kandidat karyawan, tentunya ada strategi yang perlu dirancang. Rancangan strategi pun bisa digerakkan oleh CHRO dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia perusahaan.

Mengapa Chief Human Resources Officer Penting bagi Perusahaan?

Peran Chief Human Resources Officer penting sekali bagi perusahaan karena tanpa pemimpin dalam divisi sumber daya manusia, tugas pengawasan dan perancangan strategi divisi tersebut tidak akan bisa berjalan. Selain itu, peran sumber daya manusia atau karyawan penting bagi perusahaan karena mereka adalah garda terdepan yang menjalankan perusahaan. Pentingnya peran karyawan membuat CHRO menjadi tidak kalah pentingnya karena kualitas karyawan dapat dipantau dari divisi yang diurusi oleh CHRO.

Baca Juga: Peran dan Tanggung Jawab Subject Matter Expert

Skill dan Kompetensi untuk menjadi CHRO

Setiap pekerjaan pasti memiliki skills dan kompetensi yang perlu dipenuhi oleh orang yang mengemban jabatan atau posisinya. Skills dan kompetensi yang perlu dimiliki oleh chief human resources officer adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan komunikasi baik tertulis maupun lisan.
  2. Kemampuan interpersonal dan penyelesaian konflik.
  3. Kemampuan mengurus organisasi.
  4. Ketelitian dalam mengerjakan sesuatu.
  5. Kemampuan analitik dan penyelesaian masalah.
  6. Kemampuan memimpin dan mengawasi.
  7. Memahami hukum dan aturan yang berkaitan dengan human resources.
  8. Dapat menggunakan teknologi terkini untuk membantu pekerjaan (seperti Microsoft Word).

Dalam hal pendidikan, seorang chief human resources officer juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Gelar sarjana Psikologi atau jurusan terkait.
  2. Gelar sarjana dari universitas yang terakreditasi.
  3. Minimal 5 tahun pengalaman sebagai eksekutif di bidang human resources.
  4. Memiliki sertifikasi profesional sebagai HRD.

Itulah serba-serbi mengenai Chief Human Resources Officer yang perlu Anda ketahui. Sebagai HRD tentunya bekerja di bawah CHRO. Pentingnya proses rekrutmen tercermin di dalam penjelasan mengenai chief human resources officer.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai HRD dan mengurusi proses rekrutmen, Aikrut.id kini hadir untuk membantu Anda. Teknologi telah datang dalam membantu proses rekrutmen agar lebih akurat dan cepat. 

Tertarik mencobanya? Segera hubungi kontak yang tertera di website!

Silakan baca artikel lainnya seputar dunia pekerjaan di blog Aikrut.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra