Tugas dan tanggung jawab compliance officer

Compliance Officer: Tugas, Tanggung Jawab, dan Peluang Kerja

Tugas dari seorang compliance officer adalah memastikan kalau perusahaan menjalankan segala prosedur sesuai dengan ketentuan dan aturan hukum/legal yang berlaku. Mengelola perusahaan tidak bisa asal saja dan ada banyak peraturan yang perlu ditaati dari awal mendirikan sampai saat menjalankannya. Tidak hanya itu saja, ia memiliki tugas lain yang perlu dilakukan.

Penasaran ingin tahu mengenai compliance officer secara lebih mendalam? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Tugas dari Compliance Officer

Jika ditelaah dari namanya, compliance berarti penyesuaian atau pemenuhan. Seorang compliance officer berarti petugas atau pegawai yang perlu memantau kesesuaian antara prosedur yang dilakukan sebuah perusahaan dengan aturan hukum yang berlaku di negara tersebut. Tugas-tugasnya adalah sebagai berikut:

  1. Memantau segala proses operasional dan prosedur menggunakan kaidah manajemen penyesuaian yang ada untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi segala regulasi hukum dan kode etik yang telah diatur.
  2. Mengelola informasi seputar risiko dalam penyesuaian aturan hukum dan prosedur perusahaan agar memastikan bisnis berjalan dengan lancar.
  3. Memberikan pelatihan atau penyebaran informasi seputar aturan hukum terbaru kepada karyawan perusahaan agar tidak terjadi pelanggaran yang dilakukan.
  4. Menjadi perantara antara setiap departemen dan divisi manajemen perusahaan.
  5. Melakukan pengecekan kesesuaian prosedur perusahaan dan aturan hukum yang berlaku.

Tanggung Jawab Compliance Officer

Tanggung jawab dari compliance officer memang seputar aturan hukum yang berlaku. Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki komunikasi yang baik antardepartemen satu dan lainnya mengenai koordinasi mengenai regulasi yang berlaku. Hal ini perlu diawasi agar tidak terjadi pelanggaran dari sisi perusahaan yang dapat merugikan banyak pihak. 

Selain itu, keputusan bisnis untuk kepentingan perusahaan perlu dibantu oleh compliance officer agar rencana bisnis dapat sesuai dengan regulasi yang ada. Hal tersebut berguna agar tidak perlu memastikan ulang ketika pelaksanaannya demi efektivitas implementasi rencana bisnis. Tidak hanya seputar keputusan bisnis, penindakan untuk pelanggaran aturan pun perlu dibuat agar karyawan perusahaan tidak ada yang melanggar regulasi yang ada.

Kompetensi yang Dibutuhkan

Seperti pekerjaan lainnya, ada spesifikasi atau kualifikasi yang dimiliki untuk menjadi seorang compliance officer. Beberapa kompetensi yang perlu dimiliki untuk mengemban tugas tersebut:

  1. Kemampuan berpikir analitik
  2. Kemampuan komunikasi yang mumpuni
  3. Integritas dalam menjalankan sesuatu sesuai aturan dan moral
  4. Kemampuan berpikir strategis
  5. Kemampuan berbahasa asing (contohnya: Inggris)’
  6. Pengetahuan yang luas mengenai perusahaan dan bisnis yang relevan atau serupa
  7. Pengalaman manajerial

Tidak hanya kompetensi secara kemampuan individu, tetapi ada beberapa syarat yang perlu dimiliki oleh seorang compliance officer dalam hal pendidikan. Alangkah lebih baik jika memulai karier dari jurusan yang relevan, seperti hukum, administrasi bisnis, dan ilmu informasi.

Baca Juga: Tipe-Tipe Pemimpin Rapat yang Efektif

Tantangan dan Peluang Compliance Officer

Setiap pekerjaan memiliki tantangannya sendiri, begitu juga compliance officer. Tantangan yang ada baginya adalah seputar integritas dan pengetahuannya mengenai regulasi hukum yang berlaku. Dengan memiliki integritas, tentunya perlu komitmen untuk bisa menjalankannya dan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi, tidak hanya mengikuti aturan yang berlaku, tetapi juga bagaimana aturan tersebut tetap bisa membuat perusahaan tidak merugi. Selain itu, pengetahuan mengenai aturan penting sekali untuk dimiliki dan harus selalu update dengan regulasi terkini. Hal tersebut untuk menghindari adanya risiko pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan. 

Peluang dari pekerjaan compliance officer pun menjamur karena banyak perusahaan perlu seorang ahli dalam regulasi. Seperti yang kita ketahui, di mana sebuah perusahaan itu berdiri perlu menyesuaikan aturan dari negara atau daerah yang ada. Dengan begitu, kesesuaian bisnis perusahaan dengan regulasi daerah tersebut perlu dicocokkan agar bisnis berjalan lancar.

Ada masanya untuk Anda sebagai HR perlu merekrut posisi tertentu. Untuk itu, ada solusi untuk proses rekrutmen yang akurat dan mudah yaitu Aikrut.id! All-in-one platform yang perlu Anda miliki untuk rekrutmen calon kandidat yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Silakan baca juga blog Aikrut untuk artikel insight mengenai dunia pekerjaan lainnya.

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra