tugas dan tanggung jawab sales consultant

Sales Consultant: Tugas, Tanggung Jawab, dan Peluang

Seperti namanya, sales consultant bergerak di bidang pemasaran dan memiliki beberapa tanggung jawab untuk memasarkan produk perusahaan. Tidak dapat dimungkiri bahwa pemasaran atau sales sangat penting bagi perusahaan. Maka dari itu, dibutuhkan posisi seorang konsultan bagi sebuah perusahaan untuk strategi pemasaran.

Ingin lebih tahu mengenai sales consultant? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Tugas dari Sales Consultant

Memasarkan produk sebuah perusahaan tidak sesederhana menaikkan penjualan dan langsung menerima hasil jadinya. Namun, ada beberapa tahapan sebelum mencapai hasil tersebut. Tahapan yang dimaksud adalah tugas dari sales consultant. Berikut ini adalah tugasnya:

  1. Melakukan presentasi kepada klien untuk menjelaskan keunggulan dari produk perusahaan.
  2. Membangun komunikasi dan hubungan dengan klien dengan baik dan secara jangka panjang untuk kesempatan berbisnis yang berkelanjutan.
  3. Memahami kebutuhan konsumen dan membuat solusi dalam bentuk produk atau jasa perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen atau pasar.
  4. Riset mengenai statistik pemasaran perusahaan dan membangun koneksi dengan bisnis baru yang ada di sekitar target perusahaan.
  5. Menggunakan media promosi untuk memasarkan produk dan jasa perusahaan kepada target konsumen dan menjalin hubungan baik dengan klien.
  6. Memantau tren bisnis atau pasar terkini untuk meriset produk baru apa yang cocok dipasarkan.

Tanggung Jawab Sales Consultant

Seorang sales consultant memiliki tanggung jawab untuk bisa menjadi perantara antara klien dan perusahaan. Hal tersebut perlu dilakukan agar produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan dapat menjadi pilihan bagi klien. Biasanya, ia juga mengurusi barang dengan nilai jual tinggi kepada klien atau konsumen. 

Tanggung jawabnya pun cukup besar karena harus memastikan bahwa klien bisa mencapai tahap pembelian produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Butuh taktik dan strategi yang bagus agar klien atau konsumen bersedia untuk melanjutkan ke tahap transaksi pembelian. Pemasaran yang dilakukan perlu se-efektif mungkin agar tujuan besarnya tercapai.

Baca Juga: Compliance Officer: Tugas, Tanggung Jawab, dan Peluang Kerja

Kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi sales consultant

Jika Anda tertarik menjadi sales consultant, ada beberapa kompetensi dan kemampuan yang harus Anda miliki. Kompetensi tersebut dibutuhkan untuk menunjang performa role tersebut. Dengan memiliki kemampuan di bawah ini, Anda bisa menjadi sales consultant yang baik:

  1. Kemampuan berkomunikasi dan interpersonal yang tinggi.
  2. Kemampuan bernegosiasi dan mempersuasi orang lain.
  3. Dapat memperluas networking dan pandai mengelola hubungan dengan klien dan perusahaan lain.
  4. Bekerja di bawah tekanan dan target penjualan.
  5. Kemampuan untuk menjual produk atau jasa kepada klien atau konsumen.
  6. Memiliki passion atau keinginan untuk memahami kebutuhan konsumen.
  7. Memiliki ketahanan diri yang tinggi dan dapat menerima penolakan.
  8. Kemampuan mengelola organisasi dan sebuah tim.

Tantangan dan Peluang Karier Sales Consultant

Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan, begitu juga sales consultant. Anda akan menghadapi tantangan dari segi konsumen maupun perusahaan sendiri. Untuk tantangan yang berkaitan dengan konsumen, contohnya adalah Anda perlu bisa memenangkan hati klien agar tergerak untuk bertransaksi dan melakukan pembelian. Selain itu, harus memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi jenis klien yang berbeda-beda. 

Peluang kariernya ada di mana-mana selama perusahaan tersebut menjual barang ataupun jasa. Sesungguhnya hal yang paling penting dari sebuah perusahaan yang menjual produk dan jasa adalah transaksi penjualan. Selain itu, konsultan pemasaran menjadi pawang terdepan yang mengelola strategi penjualan agar terjadinya transaksi dari klien.

Tips Menjadi Sales Consultant

Pekerjaannya yang tidak mudah membuat sales consultant memiliki beberapa strategi untuk dijalani. Jika Anda tertarik menjadi konsultan pemasaran atau mungkin sudah menjadi sales consultant, Anda dapat mengikuti tips-tips berikut agar pekerjaan Anda terasa lebih mudah ataupun lebih baik.

1. Latih kemampuan berempati

Tugasnya yang sering langsung bersinggungan dengan orang lain membuat empati penting sekali bagi sales consultant karena perlu memahami kebutuhan konsumen. Seorang sales consultant hendaknya bisa memposisikan diri sebagai konsumen dan menyajikan solusi yang sesuai dengan kedua pihak yaitu perusahaan dan konsumen. Dengan menjadi lebih berempati, sales consultant dapat membuat keputusan pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran.

2. Memelihara fokus dan otonomi

Sales consultant perlu melatih fokusnya ke arah target penjualan. Ketika berinteraksi dengan klien, sebaiknya terus mengingat tujuan dari interaksi tersebut yaitu menarik klien untuk bisa bertransaksi. Selain itu, kemampuan otonomi atau kemandirian penting dimiliki oleh seorang sales consultant karena biasanya bergerak sendiri dan banyak mengatur jadwal sendiri.

3. Memiliki kepercayaan diri

Untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa, perlu dipastikan adanya kualitas yang dapat dibagikan kepada konsumen. Dalam hal memasarkan produk atau jasa, sales consultant perlu mempromosikannya dengan percaya diri agar orang lain atau klien dapat tergerak dan teryakini untuk membeli produk atau jasanya.

4. Membangun kepribadian yang positif

Interaksi dengan orang lain, dalam hal ini klien atau perusahaan lain, tentu penting sekali dalam memelihara kepribadian yang positif. Ketika seorang sales consultant memiliki kepribadian yang positif, tidak hanya menjadi representasi perusahaan yang baik, tetapi juga dapat meningkatkan penjualan karena adanya ketertarikan dari klien kepada attitude milik sales consultant tersebut.

Sebagai seorang HR, tentu ada masanya merekrut seorang sales consultant. Anda perlu melalui proses rekrutmen yang baik dan benar agar mendapatkan sosok yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Aikrut.id kini hadir untuk membantu Anda sebagai HR agar proses rekrutmen menjadi lebih akurat dan mudah. Tidak perlu menggunakan banyak platform, cukup satu saja dan rasakan fitur-fitur terbaiknya.

Silakan baca juga di blog Aikrut untuk mengetahui insight lain mengenai dunia pekerjaan. 

Tentang Penulis

Annisa Jullia Chandra