vontoh budaya kerja | aikrut

Contoh Budaya Kerja yang Harus Anda Terapkan Di Kantor

contoh budaya kerja | aikrut

Karyawan adalah salah satu elemen dalam menjalankan misi perusahaan dari waktu ke waktu. Salah satu hal yang menunjang terwujudnya hal tersebut adalah budaya kerja yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan dan memilih contoh budaya kerja seperti dalam artikel ini.

Selain budaya kerja, pertimbangkan pula aspek kepribadian pada tiap karyawan. Menggunakan algoritma dan Artificial Intelligent (AI) milik Aikrut yang dapat mengungkapkan kepribadian mereka dengan mudah.

Sebelum mengetahui contoh budaya kerja, Anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu manfaat budaya kerja. Setelah itu, Anda dapat lebih memahami pentingnya mengetahui informasi tentang budaya kerja ini.

Manfaat Penerapan Budaya Kerja

Budaya kerja dapat meningkatkan kenyamanan tiap karyawan karena dapat menunjang produktivitas kerja. Melalui budaya kerja yang baik, Anda dan karyawan lainnya akan bekerja secara produktif sesuai dengan aturan atau budaya yang telah disepakati.

Bukan untuk membatasi aktivitas para karyawan, namun cara ini berguna untuk menghindari perilaku yang semena-mena yang merugikan pihak lain. Sikap yang semena-semena karyawan yang belum memiliki budaya kerja menjadi penyebab utama karyawan memilih untuk mengundurkan diri atau resign.

Budaya kerja yang baik dapat meningkat kolaborasi antar tim dan individu dalam perusahaan. Kita tahu bahwa tiap perusahan terdiri dari orang-orang dengan latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu adanya budaya kerja dapat menjadi pedoman bersikap bagi staf perusahaan sehingga tidak mengutamakan ego. Dengan demikian kita semua akan menjalankan kolaborasi dengan baik demi tujuan perusahaan.

Tidak hanya itu, budaya kerja yang baik dapat meningkatkan loyalitas terhadap perusahaan. Bagi perusahaan baru, loyalitas adalah hal yang tidak mudah untuk dilaksanakan, salah satu penyebabnya adalah budaya kerja yang tidak jelas. Oleh karena itu, mengapresiasi satu dengan yang lain melalui budaya kerja akan menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Agar mendapatkan manfaat-manfaat budaya kerja tersebut, contoh budaya kerja ini perlu diterapkan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Model Budaya Kerja yang Baik

Terapkanlah model-model ini agar mencapai model kerja yang sehat untuk perusahaan Anda.

1. Berorientasi kepada misi perusahaan adalah contoh budaya kerja yang baik

Jika perusahaan Anda menerapkan ini maka semua karyawan akan menjalankannya dengan melakukan kolaborasi yang baik agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Memiliki pemimpin yang baik

Ingat, pastikan Anda memilih seorang leader daripada seorang bos. Leader adalah menuntun dan mengarahkan. Akan tetpai bos adalah seseorang yang hanya menyuruh anak buah untuk mengerjakan sesuatu yang mereka inginkan. Oleh karena itu, penting bagi HRD untuk melihat kepribadian calon atasan dalam sebuah divisi.

Aikrut adalah platform yang harus Anda gunakan untuk menganalisis sifat calon kandidat menggunakan artificial intelligence (AI). Dalam menerapkan cara ini, posibilitas dapat mencapai tujuan perusahaan sangat tinggi.

3.Komunikasi yang Terbuka

Tidak hanya dengan atasan, penting bagi HRD untuk menampung semua keluhan karyawan. Anda akan mendapatkan masukkan baru yang berguna untuk bahan evaluasi dari perusahaan.

Anda perlu untuk segera menanggapi keluhan-keluhan karyawan tersebut. Hal itu bertujuan untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan produktivitas kerja tiap karyawan akan jauh lebih baik.

4. Beri Kesempatan Tiap Karyawan untuk Berkembang

Kebutuhan perusahaan akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, Anda perlu menyusun strategi untuk menyesuaikan perubahan itu. Salah satunya adalah mengikutkan beberapa kegiatan pelatihan bagi tiap karyawan. Meskipun demikian, menerapkan contoh budaya kerja ini tidak akan merugikan perusahaan.

Contoh Budaya Kerja yang Banyak Diterapkan Perusahaan Indonesia

Empat model budaya kerja tersebut adalah bagian terluar dari budaya kerja perusahaan. Disamping itu, beberapa perusahaan Indonesia banyak menerapakan contoh budaya kerja yang ada di bawah ini. Apa saja itu?

1. Budaya Hirarki

Merujuk pada halaman kamus hukum, hierarki adalah sebuah susunan yang memberikan batasan yang jelas antara beberapa posisi. Dalam dunia kerja, kita mengenal beberapa tingkatan yaitu atasan, bawahan dan satu level. Istilah itulah yang menggambarkan bagaimana budaya kerja yang dilakukan secara hierarki.

Semua yang berlaku di perusahaan adalah hasil dari pemikiran atasan sehingga karyawan hanya mengikutinya saja. Meskipun demikian, keuntungan dari contoh budaya kerja ini adalah mudah untuk mencapai stabilitas dalam perusahaan. Hal itu karena semua yang membuat peraturan adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman pada bidang tersebut.

2. Budaya Klan

Jika perusahaan Anda berfokus kepada kolaborasi, maka itu adalah contoh budaya kerja Klan. Perusahaan yang menerapkan metode ini saling bekerja sama layaknya sebuah keluarga. Dalam menjalankannya, perusahaan akan selalu mengutamakan kerja tim, musyawarah dan atau cara-cara serupa.

Meskipun demikian, budaya klan mendorong tiap karyawan untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Umumnya, startup adalah perusahaan yang menerapkan budaya ini.

3. Budaya Adhokrasi

Budaya kerja ini menganggap bahwa setiap karyawan adalah inovator. Mereka harus mampu menghasilkan ide-ide baru dengan mengedepankan kreativitas dan energi.

Inovasi tanpa batas ini memungkinkan perusahaan tidak mudah untuk ketinggalan zaman. Dengan kreativitas itulah yang membuat mereka mampu menghasilkan karya terbaru dan berani mengambil resiko apapun yang terjadi.

Dalam mewujudkan kreativitas itu, mereka bebas untuk berekspresi tanpa batasan aturan yang seperi pada budaya kerja hierarki.

4. Budaya Pasar

Budaya kerja ini membuat karyawan satu dengan lainnya saling berkompetitif. Mereka memperebutkan pasar untuk target yang telah dibuat oleh perusahaan. Bahkan persaingan ini melibatkan banyak industri perusahaan.

Sayangnya karyawan dalam perusahaan berbudaya kerja ini rawan untuk mendapatkan hukuman jika tidak mampu mencapai target yang diberikan. Dalam mewujudkan target itu, tak sedikit dari mereka yang saling menjatuhkan. Mereka melakukan hal itu karena tuntunan bonus dan hukuman yang menghantuinya dalam bekerja.

Terapkanlah Budaya Kerja Dengan Bijak!

Karyawan butuh ketenangan dalam mewujudkan misi perusahaan. Adapun dalam mencapainya, produktivitas kerja perlu ada pada perusahaan-perusahaan. Oleh karena itu, pemilihan dan penerapan contoh budaya kerja tidak boleh dilakukan sembarangan.

Anda harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah kepribadian. Memang tidak mudah, namun asesmen yang ada di Aikrut dapat membantu Anda untuk mengetahuinya.

Aikrut adalah platform yang penting untuk Anda. Bahkan selain menganalisis kepribadian, Aikrut juga mampu membantu Anda mengerjakan proses rekrutmen agar lebih cepat dan akurat.

Coba sekarang!

Referensi:

https://mamikos.com/info/contoh-budaya-kerja-perusahaan-di-indonesia-dan-penjelasannya-kry/

https://www.niagahoster.co.id/blog/budaya-kerja/#7_Contoh_Budaya_Kerja_yang_Sehat_Bagi_Bisnis_dan_Karyawan

Tentang Penulis

Ella Dyan Septianing Tyas

1 Komentar

  1. […] Contoh Budaya Kerja yang Harus Anda Terapkan Di Kantor […]

Komentar ditutup.