Haruskah Anda Memulai Program Kesehatan Karyawan?

Program kesehatan karyawan: Ya atau tidak? Haruskah Anda memulai program ini di perusahaan Anda? Pelajari semua tentang manfaat dan potensi risiko dari penerapan program kesehatan ini sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Program kesehatan karyawan sedang meningkat: Haruskah Anda mengikuti tren ini?

Program kesehatan karyawan terus meningkat. Semakin banyak pemberi kerja yang menawarkan program kesehatan pada karyawan daripada sebelumnya. Sebuah studi Masyarakat untuk Manajemen Sumber Daya Manusia telah menemukan bahwa 75% pengusaha menawarkan beberapa jenis program kesehatan, sumber daya atau layanan kepada karyawan.

Menurut penelitian Global Wellness Institute, kesehatan tempat kerja saat ini merupakan industri senilai $47 miliar, dengan pengusaha cenderung membelanjakan lebih banyak untuk kesehatan karyawan setiap tahun. Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin mencoba memutuskan apakah Anda harus bergabung dengan tren tempat kerja ini.

Haruskah Anda memulai program kesehatan karyawan di perusahaan Anda? Jika Anda ingin mengambil keputusan yang tepat, Anda harus terlebih dahulu mempelajari semua manfaat dan risiko dari program tersebut.

Apa saja potensi keuntungannya? Apakah ada beberapa risiko? Apakah program kesehatan karyawan sepadan dengan investasinya?

Jika Anda mencari jawaban untuk ini dan pertanyaan serupa, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam posting blog ini Anda akan menemukan semua pro dan kontra dari program kesehatan karyawan beserta data dan penelitian.

Keuntungan pelaksanaan program kesehatan karyawan

Mari kita mulai dengan menyelidiki manfaat potensial dari memulai program kesehatan karyawan di perusahaan Anda. Manfaat program kesehatan karyawan telah diteliti dan didokumentasikan secara menyeluruh. Berikut adalah alasan utama mengapa Anda harus memulai program kesehatan karyawan di perusahaan Anda:

Alasan #1: Karyawan Anda menginginkan program kesehatan

Berikut adalah tiga statistik menarik yang mendukung klaim bahwa karyawan menginginkan program kesehatan di tempat kerja:

  1. Survei menemukan bahwa 73% karyawan tanpa akses ke program kesehatan menginginkannya.
  2. Para ahli dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg menganalisis survei untuk menentukan persepsi program kesehatan secara keseluruhan dari perspektif karyawan dan pemberi kerja. Analisis data mereka mengungkapkan bahwa sekitar 59,4% karyawan berpikir bahwa pengusaha harus berusaha meningkatkan kesehatan pekerja mereka.
  3. Situs ulasan perusahaan Glassdoor menemukan bahwa 79% karyawan akan memilih tunjangan baru daripada kenaikan gaji. Manfaat paling populer adalah perawatan kesehatan, dipilih oleh 40% karyawan.

Alasan #2: Perusahaan Anda akan menghemat uang

Menerapkan program kesehatan di tempat kerja dapat membantu perusahaan Anda menghemat uang dalam jangka panjang, menurut penelitian.

Review paling komprehensif yang pernah diselesaikan tentang dampak keuangan dari program kesehatan di tempat kerja telah melaporkan beberapa temuan yang luar biasa.

  1. Di antara 22 studi berbeda yang mengamati program kesehatan dan biaya perawatan kesehatan, rata-rata pengembalian investasi adalah 3,27. Ini berarti bahwa untuk setiap dolar yang dihabiskan untuk program ini, perusahaan menghemat $3,27 karena pengurangan biaya perawatan kesehatan!
  2. Studi lain oleh University of Louisville menemukan bahwa setiap dolar yang diinvestasikan dalam program kesehatan menghasilkan $7 dalam penghematan perawatan kesehatan.

Dengan kata lain, menjaga kesehatan karyawan tidak hanya baik untuk bisnis, tetapi juga baik untuk keuntungan perusahaan Anda.

Alasan #3: Karyawan Anda akan lebih produktif

Penelitian telah menemukan bahwa program kesehatan karyawan mengurangi ketidakhadiran dan memiliki efek positif pada produktivitas karyawan:

  1. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah menemukan bahwa hilangnya produktivitas yang terkait dengan masalah kesehatan pribadi dan keluarga merugikan pengusaha AS $ 1.685 per karyawan per tahun, atau $ 225,8 miliar per tahun.
  2. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine menemukan bahwa karyawan yang mengikuti program ini lebih produktif daripada mereka yang tidak.
  3. Sebuah survei oleh American Psychological Association telah menemukan bahwa 91% karyawan di perusahaan yang mendukung kesejahteraan mengatakan bahwa mereka merasa termotivasi untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan mereka.
  4. Indiana State Department of Health telah menemukan bahwa pengusaha menghemat rata-rata $5,82 dalam biaya absensi yang lebih rendah untuk setiap dolar yang dihabiskan untuk program kesehatan karyawan.

Alasan #4: Karyawan Anda akan tinggal lebih lama di perusahaan Anda

Perusahaan yang menerapkan program kesehatan karyawan melaporkan kepuasan pekerja yang lebih tinggi dan peningkatan budaya perusahaan, yang mengarah pada tingkat retensi yang lebih tinggi:

  1. Menurut Laporan Tenaga Kerja AFLAC, pekerja yang mengambil bagian dalam program kesehatan di tempat kerja lebih puas dengan pekerjaan mereka daripada mereka yang tidak mengambil bagian.
  2. Sebuah survei oleh Virgin HealthMiles Inc. dan Workforce Management Magazine menemukan bahwa 77% pekerja berpendapat bahwa program kesehatan karyawan berdampak positif terhadap budaya perusahaan.
  3. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association telah menemukan bahwa lebih sedikit (hanya 25%) pekerja di perusahaan dengan program kesehatan karyawan berniat untuk meninggalkan pekerjaan mereka di tahun depan. Di perusahaan tanpa program ini , dua kali lebih banyak karyawan (51%) mengatakan mereka berniat untuk meninggalkan pekerjaan mereka di tahun berikutnya.

Alasan #5: Program kesehatan karyawan meningkatkan merek perusahaan Anda

Penelitian telah menemukan bahwa menerapkan program kesehatan karyawan meningkatkan citra perusahaan Anda dan membantu Anda menarik kandidat yang hebat:

  1. Survei Virgin HealthMiles and Workforce menemukan bahwa 87% karyawan mengatakan mereka mempertimbangkan penawaran kesehatan dan kebugaran saat memilih perusahaan.
  2. Menurut penelitian oleh American Psychological Association, 89% karyawan di perusahaan yang mendukung upaya kesejahteraan lebih cenderung merekomendasikan perusahaan mereka sebagai tempat yang baik untuk bekerja.

Kontra menerapkan program kesehatan karyawan

Mari kita lihat potensi risiko dan hambatan yang harus Anda ingat jika Anda ingin memulai program kesehatan karyawan di perusahaan Anda.

Berikut adalah dua potensi risiko utama yang terkait dengan program kesehatan karyawan:

Risiko #1: Program kesehatan karyawan itu mahal

Memulai program kesehatan karyawan bisa menjadi usaha yang mahal. Menurut WellStep, total biaya program kesehatan karyawan adalah antara $150 dan $1200 per karyawan per tahun. Ini adalah sejumlah besar uang.

Namun, opsi yang lebih terjangkau dengan biaya antara $3 dan $7,5 per karyawan per bulan ($36 -$90/ tahun) juga tersedia.

Bergantung pada anggaran dan kebutuhan Anda, pemberi kerja dapat memilih opsi terbaik untuk perusahaan dan karyawan mereka. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda bersedia untuk berinvestasi dalam program kesehatan karyawan Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

ROI positif dari program ini bisa sangat besar. Program kesehatan karyawan dapat menghasilkan penghematan besar:

  1. Ada studi menarik yang mengukur dampak program kesehatan karyawan Highmark pada biaya perawatan kesehatan 4 tahun. Studi ini menemukan bahwa program promosi kesehatan yang komprehensif dapat menurunkan tingkat biaya perawatan kesehatan dan menghasilkan ROI yang positif.
  2. Studi lain tentang program kesehatan karyawan Johnson & Johnson telah menemukan bahwa rata-rata tabungan tahunan per karyawan adalah $565, ​​menghasilkan laba atas investasi yang setara dengan kisaran $1,88—$3,92 yang mereka hemat untuk setiap dolar yang mereka habiskan untuk program tersebut.
  3. Laporan Survei International Foundation of Employee Benefit Plans Workplace Wellness 2017 telah menemukan bahwa 92% tempat kerja yang menawarkan program kesehatan dan melacak ROI kesehatan melaporkan inisiatif mereka sebagai sangat atau agak berhasil.

Kiat ahli:

Jika Anda tidak memiliki anggaran yang besar, mulailah dengan inisiatif program kesehatan karyawan yang lebih kecil yang membutuhkan lebih sedikit investasi finansial.

Misalnya, Anda dapat mengganti mesin penjual otomatis yang ada dengan mesin penjual otomatis yang menawarkan minuman dan makanan ringan yang lebih sehat. Ide lainnya adalah mengatur makan siang seadanya yang sehat di kantor Anda. Mulailah dari yang kecil, ukur, dan tingkatkan seiring waktu.

Risiko #2: Masalah privasi

Karyawan Anda mungkin khawatir tentang penyalahgunaan data kesehatan mereka. Mereka mungkin menolak untuk berpartisipasi dalam program kesehatan karyawan Anda karena takut bahwa program kesehatan di tempat kerja Anda dapat membahayakan data kesehatan mereka.

Beberapa karyawan mungkin takut untuk berpartisipasi dalam program kesehatan di tempat kerja Anda karena takut karyawan lain akan mengetahui hal-hal tentang mereka yang ingin mereka rahasiakan.

Orang lain mungkin malu untuk berbagi informasi tentang berat badan mereka, atau merasa bahwa permintaan untuk membagikan data kesehatan pribadi mereka merupakan pelanggaran privasi.

Kiat ahli:

Pastikan Anda bahwa perusahaan Anda dengan jelas, dini dan transparan mengkomunikasikan data spesifik yang akan dikumpulkan oleh program kesehatan Anda dan apa yang akan dilakukan dengan informasi yang diperoleh.

Program kesehatan karyawan: Sepadan dengan investasinya?

Kami dengan cermat memeriksa semua pro dan kontra yang didukung data dari penerapan program tempat kerja karyawan. Penelitian menunjukkan bahwa program kesehatan karyawan memiliki lebih banyak keuntungan daripada kerugian.

Program kesehatan karyawan dapat membantu Anda menghemat uang, meningkatkan keterlibatan karyawan, produktivitas, dan kepuasan kerja. Memulai program ini juga dapat membantu meningkatkan budaya perusahaan dan merek perusahaan Anda. Ini juga memudahkan Anda untuk mempertahankan karyawan terbaik Anda dan menarik kandidat teratas.

Namun, ada juga beberapa risiko yang terkait dengan penerapan hal tersebut yang harus Anda pertimbangkan, seperti masalah privasi dan persyaratan keuangan dari program ini.

Jika Anda mengatasi potensi risiko ini dengan cara yang efektif, baik perusahaan Anda maupun karyawan Anda dapat memperoleh manfaat besar dari penerapan program kesehatan karyawan.

Tentang Penulis

Denan Alifia