Work Life Balance: Kunci Hindari Stres

Kebanyakan orang yang sibuk dengan rutinitas sehari-hari membuat mereka lupa memberikan waktu untuk diri sendiri. Bagi seorang karyawan hal ini tak jarang terjadi, bahkan cenderung memiliki kehidupan yang tidak sehat karena menjalankan aktivitas kerja sepanjang hari. Kesibukan yang tiada habisnya akan berdampak buruk pada kesehatan Anda, kondisi ini bisa menganggu kesehatan mental dan juga fisik Anda karena stres. Singkatnya Anda bisa terkena burnout akibat pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari.

Efek dari pekerjaan yang tidak seimbang dengan kehidupan

Saat pekerjaan dan kehidupan Anda tidak seimbang, hal tersebut menimbulkan efek negatif pada kesehatan Anda. Selain masalah kesehatan, kondisi yang tidak seimbang ini juga dapat mempengaruhi hubungan Anda dengan orang lain. Berikut adalah efek negatif yang muncul ketika Anda tidak menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan :

1. Tubuh tidak fit

Stres yang muncul karena banyaknya aktivitas pekerjaan yang Anda lakukan dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan, salah satunya tubuh yang tidak fit. Tak hanya membuat tubuh Anda tidak fit, stres ini juga akan berdampak pada kesehatan mental. Anda akan merasa cemas, depresi, hingga pikiran ingin mengakhiri hidup.

2. Kelelahan

Pekerjaan yang terlalu banyak tentu akan membuat Anda merasa kelelahan, ketika Anda telah berada pada kondisi ini, Anda berpotensi mengalami gangguan dalam berpikir dan gangguan dalam bekerja secara produktif. Hal ini tidak hanya merusak kinerja Anda, tetapi juga dapat memicu Anda mengambil keputusan yang berbahaya dan merugikan.

3. Tidak memiliki waktu dengan orang-orang tersayang

Terlalu sibuk dengan pekerjaan akan membuat Anda lupa dengan waktu, termasuk waktu dengan orang-orang tersayang. Kesibukan Anda membuat Anda lupa dengan orang-orang tersayang seperti keluarga, pasangan, atau sahabat-sahabat Anda. Jika Anda terus-menerus kehilangan waktu bersama mereka, hal tersebut akan merusak hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Agar terhindar dari masalah tersebut, Anda perlu menerapkan work life balance dalam melakukan pekerjaan Anda. Work life balance adalah kondisi di mana Anda berhasil meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Dalam penerapannya, work life balance lebih berfokus pada pengaturan waktu dengan baik. Ketika berhasil mengatur waktu dengan baik, hidup Anda tidak akan merasa terbebani dengan pekerjaan, sehingga bisa berfokus pada satu pekerjaan yang dapat Anda selesaikan dengan baik.

Manfaat work life balance

Dalam penerapannya, work life balance tidak hanya meningkatkan produktivitas Anda, tetapi ada manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan saat melakukan work life balance :

1. Membuat pekerjaan Anda lebih produktif

Untuk mendapatkan waktu kerja yang produktif, perhatikan cara kerja Anda, waktu 24 jam sehari perlu terbagi dengan baik. Usahakan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Hindari pekerjaan lembur, jangan memaksakan diri Anda bekerja secara ekstra. Karena semakin lama Anda bekerja, maka semakin menurun konsentrasi Anda. Gunakan pola 8 jam kerja, 8 jam aktifitas non kerja, dan 8 jam tidur. Cobalah untuk melakukan pola tersbut agar Anda lebih produktif.

2. Lebih mudah mencapai hasil

Bekerja dengan ritme yang benar dapat membuat Anda lebih mudah mencapai hasil yang diinginkan. Hal tersebut dihasilkan dari kepuasan batin yang dirasakan pada saat Anda mencapai atau manghasilkan sesuatu dengan baik. Kondisi ini dapat membawa efek penyembuhan yang luar biasa untuk tubuh Anda. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memulai dengan mengerjakan pekerjaan Anda satu persatu dengan fokus dan teliti.

3. Meningkatkan kreatifitas

Pikiran yang dipenuhi oleh tekanan maupun stres dapat membuat Anda mengalami kebuntuan otak dan sulit berpikir, sehingga Anda tidak dapat berpikir kreatif. Lain halnya dengan seseorang yang berpikir kreatif secara bebas tanpa ada hambatan-hambatan seperti tekanan maupun stres. Oleh karena itu penting untuk menjaga keseimbangan waktu kerja dan kehidupan Anda.

4. Menjaga hubungan baik dengan orang tersayang

Kebalikan dari efek negatif ketika tidak membagi waktu kerja dan kehidupan adalah dengan terciptanya hubungan yang baik dengan orang-orang. Kesibukan yang Anda jalani saat bekerja membuat Anda lupa akan waktu dengan orang-orang tersayang, lain halnya jika Anda menerapkan work life balance, yang memberikan Anda kebebasan waktu untuk bersama dengan orang-orang tersayang. Memiliki waktu bersama dengan orang tersayang seperti keluarga, pasangan, atau sahabat dapat menjaga hubungan baik, dan membuat Anda terhindar dari stres.

Penerapan work life balance dapat berhasil apabila Anda meraih kondisi dimana keseimbangan pekerjaan dan kehidupan Anda berjalan dengan baik tanpa ada satupun yang tertinggal. Ketika berhasil menerapkan work life balance, Anda akan lebih menikmati hidup dan terlepas dari stres yang diakibatkan dari tekanan pekerjaan Anda.

Inilah manfaat dari work life balance

Tentang Penulis

Vian Nauval