Tren Work From Bali

Di tengah kondisi pandemi yang sudah semakin membaik, hadir program Work From Bali yang digalangkan oleh pemerintah sejak Juli tahun ini. Program ini didukung oleh beberapa kementerian, salah satunya adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program work from Bali ditujukan untuk kembali membangun ekonomi masyarakat Bali yang sebagian besar datang dari industri pariwisata. Mengingat sejak pandemi terjadi, penurunan angka wisatawan baik domestik maupun mancanegara di Bali menurun drastis. Dengan hadirnya program work from Bali, diharapkan dapat kembali memikat wisatawan berkunjung ke Bali dan menghabiskan waktunya di sana. 

Work from Bali tentunya menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang cepat merasa bosan bekerja dengan suasana kantor. Program ini akan menghadirkan sebuah pengalaman berbeda yang bisa Anda dapatkan karena selain bekerja, Anda dapat mengisi waktu senggang dengan menikmati keindahan alam pulau dewata. Pilihan untuk bekerja dengan pemandangan pantai atau terasering sawah yang asri ada di tangan Anda. Tak lupa, ragam wisata kuliner yang bisa Anda nikmati membuat suasana work from Bali akan semakin berkesan. Sebut saja pengalaman work from Bali Anda adalah bekerja sambil berlibur. Menarik, bukan?

Saat ini, pemerintah pusat sudah mengeluarkan keputusan bagi warga yang ingin melakukan travelling, baik ke/menuju dalam dan luar negeri, termasuk Bali, diwajibkan sudah menerima vaksin COVID-19 sekurang kurangnya pada dosis yang pertama.

Pastinya sebelum mengikuti program ini, ada baiknya untuk selalu update dengan perkembangan terbaru situasi COVID-19 di negara kita, khususnya Bali, yang akan menjadi tujuan utama Anda. Karena kondisi yang tidak pasti ini, keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah bisa berubah kapan saja sesuai dengan keadaan yang terjadi di lapangan. Sebagai wisatawan yang baik, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, untuk membantu mengurangi potensi pencegahan penularan virus COVID-19.

Selain itu, sebelum memutuskan untuk berangkat ke Bali, Anda harus mempersiapkan keuangan dengan detail. Keuangan dalam hal ini bukan hanya sebatas penerbangan dan penginapan saja, tapi Anda juga harus mempersiapkan biaya untuk kebutuhan lain di tengah pandemi, seperti tes COVID-19 yang diwajibkan sesuai ketentuan. Anda juga tidak boleh lupa untuk tetap menyediakan dana darurat yang dapat digunakan jika terjadi sesuatu di luar rencana liburan. Selebihnya, untuk kebutuhan sehari-hari saat berada di Bali bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Jika keuangan sudah disiapkan dengan matang, work from Bali akan terasa lebih nyaman dan tenang.

Sebelum berangkat ke Bali, Anda juga wajib mencari akomodasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya, akomodasi yang menyediakan jaringan internet atau wifi yang memadai, atau akomodasi yang menyediakan tempat untuk bekerja. Tentunya, ada sangat banyak pilihan akomodasi yang bisa Anda pilih saat berada di Bali. Agar terhindar dari akomodasi yang tidak sesuai ekspektasi, Anda bisa mengecek akomodasi terlebih dahulu melalui review yang ada di aplikasi atau internet. 

Ada banyak lokasi di Bali yang bisa menjadi tujuan work from Bali Anda, beberapa di antaranya adalah Canggu, Ubud, Nusa Dua, Sanur, dan Uluwatu. Jika Anda menginginkan suasana work from Bali ditemani pantai pantai indah, Uluwatu, Canggu, dan Nusa Dua adalah jawabannya. Jika menginginkan opsi lain ditemani indahnya hamparan terasering sawah yang asri, Ubud adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dan jika Anda adalah tipikal penikmat sunrise, Sanur sangat terkenal dengan berbagai pilihan spot sunrise dengan pantai yang tidak seramai di Kuta.

Walaupun begitu, jangan lupa dengan tujuan utama Anda berkunjung ke Bali adalah untuk bekerja, bukan berlibur. Tidak ada salahnya mencari suasana baru untuk bekerja, namun tetaplah mengutamakan pekerjaan dan berfokus kepada tanggung jawab utama dalam pekerjaan. Jangan lupa untuk tetap membuat jadwal kerja agar Anda tetap bisa fokus pada tujuan utama berada di Bali serta membagi waktu untuk bisa menikmati keindahan pariwisata Bali.

Jadi, apakah Anda sudah tertarik untuk work from Bali? Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam persiapan work from Bali. 

Tentang Penulis

Mario Soriton