Pentingnya-Membangun-Budaya-Perusahaan

Pentingnya Memiliki Growth Mindset Untuk Meraih Kesuksesan

Pola pikir sangat berpengaruh dalam kesuksesan, tidak hanya dalam sebuah karir, namun pola pikir sangat berpengaruh dalam kehidupan. Selain menjadi orang yang cerdas dan kritis, pola pikir dapat membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik karena memiliki peran penting. Jika Anda suka mengikuti seminar motivasi, maka Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘pola pikir’.

Pola pikir adalah sekumpulan keyakinan yang membentuk atau membangun cara berpikir manusia dalam memahami dunia dan diri sendiri. Manusia memiliki pola pikir yang unik dan jauh lebih kuat dari yang Anda ketahui. Seorang pengarang dan motivator Steve Maraboli mengatakan, bahwa saat seseorang mulai mengubah pola pikir, maka semua hal di luar itu akan ikut berubah. Berdasarkan perkataan Maraboli, pola pikir memiliki dampak yang luar biasa dalam kehidupan, tidak hanya merubah cara berpikir, dapat pula merubah diri Anda sendiri.

Berdasarkan pengalaman hidupnya, mindset atau pola pikir yang setiap orang miliki dapat berbeda-beda. Akan tetapi, pola pikir dapat kita asah dan kembangkan. Jika Anda ingin menjadi orang sukses maka pola pikir yang harus Anda miliki adalah growth mindset.

Growth Mindset atau pola pikir berkembang adalah pola pikir seseorang dengan anggapan bahwa kemampuan atau bakat bisa berkembang. Bakat yang dikembangkan tersebut dapat dilakukan dengan cara; kerja keras, hingga mendengarkan nasihat dari orang lain, sehingga mereka dapat mengetahui apa yang perlu dikembangkan dari bakatnya.

Pemilik growth mindset biasanya akan menganggap bakat yang ia miliki dari lahir adalah sebuah permulaan yang nantinya akan ia kembangkan, sehingga bakat tersebut tidak menjadi patokan untuk kesuksesannya. Mereka akan selalu belajar demi mendapatkan ilmu maupun hal baru yang bisa membantunya dalam menggapai kesuksesan dalam karir.

Ciri-ciri Seseorang dengan growth mindset

1. Pekerja keras dan memiliki tujuan hidup yang jelas

Seseorang dengan growth mindset memiliki tujuan hidup yang jelas, sehingga ia akan bekerja keras demi mencapai tujuannya. Ia tahu apa yang diinginkannya, dan ia tidak bisa diam saja, karena jika diam, maka ia tidak akan bisa mencapai tujuannya. Hal tersebut membuat seseorang dengan growth mindset akan terus berjuang dan berubah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Selalu mengembangkan diri dan bakatnya

Dengan menganggap bakat sebagai permulaan, maka seseorang dengan growth mindset menyadari bakat yang mereka miliki akan biasa saja apabila tidak dikembangkan dengan baik. Oleh karena itu, mereka tidak ragu untuk mengembangkan diri dan bakatnya dengan belajar demi menjadi versi yang lebih baik lagi.

3. Mengakui kegagalan

Dengan memiliki growth mindset, Anda akan mengakui bahwa kegagalan Anda adalah bagian dari kehidupan yang harus Anda hadapi. Kegagalan adalah sesuatu yang biasa terjadi dalam menggapai kesuksesan. Walau harus gagal berkali-kali, pemilik growth mindset percaya suatu saat nanti mereka bisa menggapai kesuksesannya. Jadi, seseorang dengan growth mindset akan siap menerima kegagalan dan bangkit untuk berjuang kembali.

Kelebihan growth mindset dalam kehidupan

1. Tidak mudah menyerah

Seseorang dengan growth mindset tidak akan mudah menyerah dalam mencapai tujuannya. Dengan growth mindset ia akan berusaha bangkit kembali dari kegagalan.

2. Belajar dari kesalahan

Belajar tidak harus saat duduk di bangku sekolah atau kuliah, seseorang dengan growth mindset akan belajar dari kesalahan untuk tidak mengulanginya kembali. Orang dengan pola pikir ini akan mencari tahu dari mana asal muasal kegagalannya.

3. Terbuka dengan kritik

Menerima kritikan adalah kelebihan dari seseorang dengan growth mindset, artinya mereka tidak keras kepala dan mau mendengarkan masukan dari orang lain bahkan dari yang tidak kenal sekalipun. Karena kritik adalah salah satu bahan pembelajaran untuk mengembangkan diri.

4. Menghargai hasil kerja keras

Seseorang yang memiliki growth mindset akan menghargai setiap kerja keras diri nya maupun orang lain walaupun hasilnya belum memuaskan. Kelebihan ini bisa seorang pemimpin gunakan untuk memacu kinerja anggota agar lebih baik lagi dalam bekerja. Karena itu, kelebihan ini cocok untuk seorang pemimpin, karena ia perlu menghargai setiap kerja keras anggotanya.

Kelebihan ini dapat seseorang miliki dengan pola pikir berkembang, dan dari sini Anda dapat memahami pentingnya memiliki pola pikir berkembang karena dapat menghasilkan keuntungan untuk diri Anda.  

Growth mindset dan fixed mindset

Growth mindset bukan satu satunya jenis pola pikir yang bisa Anda miliki, pada dasarnya pola pikir memiliki dua jenis, yaitu pola pikir berkembang (growth mindset) dan pola pikir tetap (fixed mindset). Fixed dan growth mindest adalah pola pikir yang sangat berbeda dan berseberangan prinsipnya. Fixed mindset merupakan pola pikir yang menganggap bakat adalah hal mutlak yang tidak bisa berkembang maupun berubah. Sehingga apapun yang ada dalam diri Anda, baik itu kecerdasan atau bakat lain yang Anda miliki adalah mutlak, mustahil untuk dikembangkan.

Perbedaan yang mendasar antara growth mindset dan fixed mindset ini yang membuat seseorang dengan pola pikir tetap tidak bisa berkembang. Orang-orang dengan cara berpikir tetap selalu fokus pada hasil daripada proses yang orang lain lalui. Sehingga orang-orang dengan pola pikir ini hanya terlihat susksesnya saja tanpa mau berproses.

Ciri-ciri seseorang dengan fixed mindset secara umum biasanya cenderung menghindari berbagai tantangan, sehingga orang-orang dengan pola pikir ini selalu menghindari pekerjaan yang sulit. Selain itu, seseorang dengan pola pikir tetap sangat mudah menyerah ketika mengalami kegagalan, sehingga semuanya terasa mustahil untuk dikerjakan kembali meskipun belum dicoba. Ciri-ciri lainnya yaitu selalu berkecil hati saat mendapatkan penolakan, sehingga membuat orang-orang dengan pola pikir ini sulit untuk berkembang.

Masing-masing individu memiliki pola pikir tersendiri, jika Anda adalah seseorang yang memiliki pola pikir tetap atau fixed mindset, Anda bisa merubahnya ke growth mindset agar bisa berkembang lebih baik lagi, sebab tidak ada kata terlambat untuk berkembang. Penting untuk memahami pola pikir apa yang dimiliki, sehingga Anda dapat mengetahui kelemahan Anda dalam berpikir. Merubah pola pikir artinya dapat merubah kebiasaan hidup Anda, seperti kata pepatah, Anda adalah apa yang Anda pikirkan.

Tentang Penulis

Vian Nauval